Citra Satelit: Lapisan Es Antartika Runtuh Lebih Cepat dari yang Diperkirakan

Kompas.com - 12/08/2022, 06:30 WIB

KOMPAS.com - Gletser di tepi Antartika menumpahkan gunung es lebih cepat daripada kemampuan alam menggantinya kembali.

Dilansir dari Reuters, Rabu (10/8/2022), satelit menunjukkan, dalam 25 tahun terakhir kecepatan lelehan es lapisan terbesar di dunia itu naik dua kali lipat.

Studi pertama dalam bidang ini yang dipimpin peneliti dari Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA dipublikasikan dalam jurnal Nature.

Hasil penelitian menimbulkan kekhawatiran baru tentang seberapa cepat pemanasan global menipiskan es Antartika dan menaikkan permukaan air laut.

Penelitian ini menemukan bahwa jumlah es pada gletser Antartika yang pecah lalu kembali ke laut hampir sama banyaknya dengan es yang meleleh karena penipisan dari bawah yang disebabkan memanasnya air laut.

Baca juga: Gunung Es Sebesar Kota London Runtuh dari Lapisan Es Antartika

Massa es Antartika berkurang 12 triliun ton sejak 1997

Gletser Thwaites, salah satu gletser yang mencair paling cepat di Antartika. Gletser ini juga dijuluki sebagai Gletser Kiamat. British Antarctic Survey via LIVE SCIENCE Gletser Thwaites, salah satu gletser yang mencair paling cepat di Antartika. Gletser ini juga dijuluki sebagai Gletser Kiamat.

Analisis menyimpulkan, sejak 1997 penipisan dan pembelahan mengurangi massa es Antartika sebanyak 12 triliun ton. Hal ini adalah dua kali lipat dibandingkan perkiraan sebelumnya.

Ilmuwan JPL Chad Greene dalam penelitiannya mengatakan, bongkahan es yang hilang karena pecah pada seperampat abad terakhir mencakup hampir 37.000 kilometer persegi, nyaris seluas Swiss.

"Tepi Antartika runtuh, dan ketika bongkahan es melemah dan menyusut, gletser besar di benua itu akan meningkatkan dan mempercepat kenaikan permukaan air laut," katanya dalam temuan NASA itu.

Ia mengatakan, konsekuensinya bisa sangat besar. Antartika menahan 88 persen potensi permukaan air laut di seluruh daratan es.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.