Kompas.com - 19/05/2022, 11:05 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah sebelumnya telah memberi sinyal kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite pada April 2022.

Sinyal tersebut diungkapkan tiga menteri di Kabinet Indonesia maju, salah satunya Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif.

Arifin menyebut jika pemerintah akan menyesuaikan harga Pertalite dan Solar sebagai upaya jangka menengah-panjang untuk merespons naiknya harga minyak mentah dunia.

Kenaikan tersebut akibat konflik geopolitik Rusia-Ukraina yang membuat harga minyak mentah Indonesi (ICP) per Maret 2022 sebesar 98,4 dollar AS per barrel.

Harga tersebut membebani APBN 2022, karena pemerintah mengasumsikan minyak mentah hanya sebesar 63 dollar AS per barrel.

"Untuk jangka menengah dan panjang, akan dilakukan penyesuaian harga Pertalite, minyak Solar, dan mempercepat bahan bakar pengganti," kata Arififin dikutip dari Kompas.com, Rabu (13/4/2022).

Baca juga: Erick Thohir: Belum Ada Rencana Pemerintah Naikkan Pertalite

Belum ada rencana kenaikan harga Pertalite

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan hingga saat ini pemerintah masih belum ada rencana menaikkan harga BBM jenis Pertalite.

Hingga kini, Pertalite masih dijual dengan harga Rp 7.650 per liter di seluruh Indonesia.

"Pemerintah hingga hari ini belum ada rencana melakukan (kenaikan), belum ada kenaikan," ujar Erick dikutip dari Kompas.com, Rabu (18/5/2022).

Pemerintah tidak mungkin diam meskipun saat ini kondisi pangan dan energi di dunia sedang terjadi pergolakan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.