Muncul Hepatitis Akut Misterius yang Menular Lewat Saluran Pernapasan, Pakai Masker Tetap Perlu?

Kompas.com - 06/05/2022, 16:05 WIB

KOMPAS.com - Penyakit hepatitis akut yang sedang melanda dunia diduga telah masuk ke Indonesia setelah tiga anak dilaporkan meninggal dunia akibat terinfeksi penyakit misterius ini.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sampai saat ini masih melakukan investigasi melalui pemeriksaan panel virus lengkap dan penyelidikan epidemiologi untuk mengetahui lebih lanjut terkait penyebabnya.

Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia (FK UI) Hanifah Oswari menyebutkan bahwa dugaan awal disebabkan oleh adenovirus, SARS CoV-2, virus ABV, dan lainnya.

Dilansir dari sehatnegeriku.kemkes.go.id, virus tersebut utamanya menyerang saluran cerna dan saluran pernapasan.

Baca juga: Penyebab Hepatitis Akut pada Anak, Berikut Beberapa Dugaannya

Pencegahan hepatitis akut: pakai masker tetap perlu

Untuk mencegah penularan hepatitis akut melalui saluran pernapasan, bisa dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, seperti memakai masker, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas.

Kemudian, orangtua ditekankan untuk meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan tindakan pencegahan dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Untuk mencegah dari saluran pencernaan, jagalah kebersihan dengan cara mencuci tangan dengan sabun dan pastikan makanan atau minuman yang dikonsumsi telah matang.

Selanjutnya, tidak menggunakan alat-alat makan bersama dengan orang lain serta menghindari kontak anak-anak kita dari orang yang sakit agar anak-anak kita tetap sehat.

Upaya lainnya yang dapat dilakukan masyarakat untuk mencegah penularan hepatitis akut adalah pemahaman orangtua terhadap gejala awal penyakit hepatitis akut.

Baca juga: 99,2 Persen Masyarakat Sudah Memiliki Antibodi Covid-19, Bolehkah Lepas Masker?

Gejala awal hepatitis akut

Hanifah pun menyebutkan gejala awal penyakit hepatitis akut:

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.