Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tradisi Malam Takbiran Lebaran 2022 di Berbagai Negara

Kompas.com - 01/05/2022, 10:30 WIB
Alinda Hardiantoro,
Rendika Ferri Kurniawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Malam menjelang hari raya Idul Fitri, umat muslim ramai mengumandangkan takbir yang disebut takbiran.

Tradisi tersebut diisi dengan melantunkan takbir dan berzikir sebagai upaya untuk menyambut hari kemenangan setelah menahan diri berpuasa selama sebulan.

Tradisi malam Lebaran ini tidak hanya dimiliki oleh umat Islam di indonesia, tetapi juga muslim di beberapa penjuru dunia.

Berikut tradisi malam takbir di sejumlah negara:

Baca juga: Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta Ajak Masyarakat Takbir di Depan Rumah

1. Indonesia

Sebagai negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim, Indonesia memiliki beragam tradisi malam takbir guna menyambut hari raya Idul Fitri.

Tradisi malam takbir yang sering ditemui di sejumlah daerah di Indonesia adalah takbir keliling, salah satunya Yogyakarta.

Ketika malam takbir keliling, masyarakat dalam beberapa rombongan berkeliling dari satu desa ke desa lainnya sambil mengumandangkan takbir ramai-ramai yang diiringi dengan bedug.

Dahulu, mereka membawa obor sebagai penerang. Namun sekarang, masyarakat beralih menggunakan stik lampu yang lebih mudah dan aman digunakan.

Selain takbir keliling, muslim di Indonesia juga memmpunyai tradisi malam takbir lainnya. Sebagai contoh, tradisi meriam karbit di Pontianak.

Meriam karbit merupakan meriam yang terbuat dari sebatang kayu bulat berukuran besar. Meriam tersebut akan dinyalakan bersamaan pada malam takbir.

Dilansir dari Kompas.com, tradisi malam takbir meriam karbit semula berawal pada masa Kesultanan Kadriah Pontianak di tahun 1771 sampai 1808. Saat itu, raja memerintahkan rakyatnya untuk mengusir hantu kuntilanak dengan membunyikan meriam.

Namun, seiring berjalannya waktu, tradisi tersebut berkembang sebagai daya tarik wisata dan dilakukan pada malam takbir hingga hari ketiga Hari Raya.

Baca juga: Karena Pandemi Covid-19, Ini 4 Tradisi Lebaran yang Bakal Dirindukan

2. Arab Saudi

Sebagai negeri yang menjadi awal mula peradaban Islam di dunia, Arab Saudi juga memiliki tradisi malam takbir dalam menyambut hari raya Idul Fitri.

Dilansir dari edarabia.com, umat muslim di Arab Saudi menyambut hari kemenangan dengan mengumandangkan takbir.

Takbir juga dikumandangkan di dua masjid umat Islam, yakni Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com