Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan.

Sang Tokoh Penyelamat Pandawa

Kompas.com - 28/01/2022, 11:48 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

DI DALAM kisah Mahabharata hadir seorang tokoh yang tidak terlalu dikenal seperti Bisma atau Kresna, namun sebenarnya memegang peran kunci terutama sebagai penyelamat Pandawa dari angkara murka Kurawa dan Sengkuni.

Mahabharata

Setelah mengetahui bahwa keselamatan para Pandawa dan ibunya terancam di Laksagreha, tokoh ini mengirimkan petugas untuk menggali terowongan sehingga mempermudah para Pandawa untuk meloloskan diri dari musibah kebakaran yang didalangi oleh Sengkuni.

Dalam pertikaian antara Korawa dan Pandawa, tokoh ini telah berusaha untuk mendamaikannya, mengingat bahwa kedua belah pihak adalah satu keluarga.

Dalam usahanya mencari perdamaian, ia menghubungi sesepuh-sesepuh Pandawa dan Kurawa, antara lain Bisma, Drona, dan Krepa, dengan bantuan dari Kresna.

Tokoh pendamai ini pula yang telah berusaha menasihati Yudhistira agar jangan terpancing oleh akal muslihat Sengkuni untuk bermain dadu mempertaruhkan kerajaan Indraprasta, kelima Pandawa, bahkan Drupadi.

Andai kata Yudistira berkenan mendengar dan mematuhi nasihat tokoh pendamai ini, mungkin Bharatayuda tidak terjadi. Atau minimal maka alur kisah Mahabharata berjalan lain.

Wayang Purwa

Di dalam legenda Wayang Purwa, tokoh penyelamat Pandawa merupakan putra ketiga Abyasa yang lahir dari seorang dayang bernama Datri.

Dikisahkan bahwa Citrawirya raja Hastina meninggal tanpa keturunan. Abyasa, putra pertama ibu suri Durgandini diundang untuk menyambung dinasti Astina dengan cara menikahi kedua janda Citrawirya, yaitu Ambika dan Ambalika.

Namun keduanya ketakutan ketika melihat wujud Abyasa yang mengerikan sehingga melahirkan Dretarastra sebagai ayah Kurawa dan Pandu sebagai ayah Pandawa.

Abyasa kemudian diperintah ibunya untuk berhubungan dengan Ambalika sekali lagi. Namun Ambalika memerintahkan dayangnya yang bernama Datri supaya menyamar sebagai dirinya.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.