Kompas.com - 20/12/2021, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Karyawan yang sudah terdaftar dalam keanggotan BPJS Ketenagakerjaan bisa mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan milik mereka kapan pun saja.

Saldo BPJS Ketenagakerjaan adalah jumlah iuran bulanan yang sudah terakumulasi selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Jumlah saldo Jaminan Hari Tua atau JHT yang ada nantinya bisa diklaim atau dicairkan ketika karyawan pensiun atau berhenti bekerja dari perusahaan yang ada.

Melansir dari laman BPJS Ketenagakerjaan, selain JHT ada program jaminan lainnya yang diikuti oleh peserta BPJS Ketenagakerjaan penerima upah ini. Yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian, Jaminan Kehilangan Pekerjaan dan Jaminan Pensiun.

Baca juga: Cara Mengubah BPJS Ketenagakerjaan Menjadi BPJS Kesehatan Mandiri

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan

Ada tiga cara untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan, yaitu melalui aplikasi JMO, melalui laman resmi BPJS Ketenagakerjaan dan melalui SMS.

1. Cara cek saldo melalui aplikasi

Unduh dulu aplikasi JMO atau Jamsostek Mobile dari playstore. Kemudian login menggunakan email dan kata sandi.

Jika Anda belum memiliki akun, klik "Buat Akun" dan pilih Kewarganegaraan. Pilih jenis kepesertaan, apakah Penerima Upah, Bukan Penerima Upah, atau Pekerja Migran Indonesia.

Kemudian setelah memilih jenis kepesertaan, masukkan data diri berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor kartu peserta BPJamsostek, nama lengkap dan tanggal lahir.

Setelah memiliki akun, masuklah ke halaman utama dan carilah menu "Jaminan Hari Tua". Kemudian cek saldo. Sistem akan langsung menunjukkan jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan milik Anda.

Baca juga: Kartu BPJS Kesehatan Nonaktif, Ini Cara Mengaktifkannya Kembali

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.