Kompas.com - 19/12/2021, 12:05 WIB

KOMPAS.com - Di media sosial, ramai twit soal kekhawatiran calon mahasiswa jika pada 2022 gagal masuk perguruan tinggi negeri (PTN) dikarenakan tidak mengikuti bimbingan belajar (bimbel).

Twit tersebut dibagikan seorang warganet melalui akun base, @sbmptnfess, Sabtu (18/12/2021).

Seperti diketahui, pendaftaran salah satu jalur masuk PTN, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan dibuka pada 2022.

"Jujur aku insecure dan takut engga lulus PTN tahun depan (2022) karena ga ikut bimbel sama sekali kaya temen-temen aku. Aku ngerasa ketinggalan jauh banget," demikian narasi dalam twit tersebut.

Hingga Minggu (19/12/2021), twit itu telah dibagikan 51 kali, disukai lebih dari 900 kali, dan dikomentari 64 kali oleh warganet Twitter.

Baca juga: Ramai Twit soal Status Registrasi Akun LTMPT Telah Ditutup, Ini Penjelasannya

Lantas, bagaimana tanggapan LTMPT?

Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo mengaku tidak bisa memberi komentar terkait dengan perlu atau tidaknya mengikuti bimbel dalam rangka persiapan masuk PTN.

LTMPT, kata Budi, tidak ada hubungannya dengan bimbel.

"Sangat tergantung dari tujuan bimbel, pembelajaran yang diberikan seperti apa," ujarnya, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (19/12/2021) pagi.

Baca juga: Cara Pendaftaran dan Jadwal SNMPTN 2022

Namun demikian, Budi memberikan sejumlah masukan bagi calon mahasiswa sebelum memilih program studi di PTN tujuan hingga mekanismenya.

Dia juga menekankan supaya calon mahasiswa mengakses informasi dari laman dan media sosial resmi milik LTMPT.

"Adik-adik siswa yang akan masuk ke PTN, dimohon sudah mempelajari informasi prodi di PTN tujuan. Baca panduan akan mengambil jalur apa, SNMPTN atau SBMPTN," jelas Budi.

"SNMPTN dan SBMPTN infonya spesifik termasuk persyaratannya. Ikuti mekanisme baku dari masing-masing jalur," imbuhnya.

Baca juga: Benarkah Materi UTBK 2022 hanya TPS Saja? Berikut Penjelasan LTMPT

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.