Indonesia Masuk Negara Level 1 Covid-19, Ini Kondisi Negara Tetangga

Kompas.com - 04/11/2021, 06:30 WIB
Indonesia masuk daftar negara level 1 risiko rendah Covid-19 versi CDC. CDCIndonesia masuk daftar negara level 1 risiko rendah Covid-19 versi CDC.

KOMPAS.com - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) merilis panduan kunjungan ke berbagai negara di dunia berdasarkan tingkat penularan Covid-19.

Dalam travel recommendations yang dikeluarkan CDC, lembaga tersebut menetapkan Indonesia sebagai negara dengan tingkat penularan Covid-19 rendah atau Level 1.

Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan masyarakat diminta tidak terlena dengan penetapan status tersebut.

Baca juga: Indonesia Masuk Daftar Negara Level 1 Covid-19 Versi CDC

Waspadai ancaman gelombang ketiga

Menurut Nadia, ancaman gelombang ketiga dan varian baru virus corona penyebab Covid-19 masih terus mengintai.

"Masyarakat, baik yang berada di Indonesia maupun yang hendak masuk ke Indonesia, wajib tetap disiplin protokol kesehatan dan mematuhi setiap kebijakan Pemerintah. Tidak ada toleransi bagi pihak yang melanggar ketentuan," kata Nadia, dikutip dari laman Kemenkes, Senin (1/11/2021).

Kondisi negara di Asia Tenggara

Mengutip laman CDC, Rabu (3/11/2021) berikut tingkat penularan Covid-19 di negara-negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina dan Vietnam.

Singapura - Level 4 (Sangat Tinggi)

CDC menetapkan tingkat penularan Covid-19 Singapura di Level 4 atau sangat tinggi.

CDC mengimbau untuk menghindari berkunjung ke Singapura, dan jika harus berkunjung ke negara tersebut sebaiknya sudah divaksinasi penuh dua dosis.

Karena situasi pandemi di Singapura saat ini, pengunjung yang telah divaksinasi lengkap masih memiliki risiko terpapar atau menularkan Covid-19.

Berdasarkan data Worldometers, Rabu (3/11/2021) Singapura mencatatkan total kasus Covid-19 sebanyak 204.340. Kasus kematian di negara tersebut mencapai 430, sedangkan pasien sembuh mencapai 173.168 orang.

Baca juga: 52.300 Peserta Lolos SKD CPNS, Cek Pengumumannya di sscasn.bkn.go.id

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.