Kompas.com - 23/09/2021, 10:30 WIB
Untuk mendapatkan adonan roti terbaik, Anda harus melembutkan dulu mentega beku hingga bersuhu ruang. ShutterstockUntuk mendapatkan adonan roti terbaik, Anda harus melembutkan dulu mentega beku hingga bersuhu ruang.

KOMPAS.com - Mentega adalah bahan utama pembuatan roti atau kue. Agar awet, mentega sering disimpan di dalam lemari pendingin sehingga teksturnya menjadi keras karena beku.

Untuk diolah menjadi aneka kudapan, atau digunakan menjadi olesan roti, mentega harus dalam kondisi suhu ruang sehingga memiliki tekstur yang lembut dan mudah diiris.

Nah, ketika mentega masih dalam kondisi beku dan Anda mengidamkan kudapan tersaji dalam waktu cepat, maka Anda harus melunakkan atau melembutkan mentega dengan langkah-langkah tertentu.

Baca juga: Jangan Salah Pilih, Ini Perbedaan antara Mentega dan Margarin

Mengapa mentega harus dalam suhu ruang

Kebanyakan kue dan roti membutuhkan adonan yang ringan dan creamy, sehingga nantinya tersaji kue yang bertekstur lembut.

Untuk memperoleh adonan ini, Anda harus mencampur lemak dan gula dan mengaduknya hingga tercampur rata menjadi adonan yang mengikat udara. Ketika adonan mengikat udara maka adonan bisa bertekstur ringan, lembut dan mengembang.

Ilustrasi mentega (butter) yang terbuat dari lemak hewan. Mentega biasa digunakan sebagai bahan pembuat roti maupun kue. SHUTTERSTOCK/SEA WAVE Ilustrasi mentega (butter) yang terbuat dari lemak hewan. Mentega biasa digunakan sebagai bahan pembuat roti maupun kue.
Dilansir dari Washington Post, ketika Anda menggunakan mentega yang beku dan keras, maka adonan tak bisa mengikat gelembung udara. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Akibatnya, adonan akan terbentuk padat, tidak ringan dan mengembang sempurna. Hal ini akan membuat properti pengembang adonan seperti baking soda tak bisa bekerja maksimal.

Karena baking soda hanya akan memproses gelembung udara yang sudah ada di adonan awal, dan tak bisa membuat gelembung udara sendiri.

Menurut Stella Parks, penulis buku resep ternama, suhu mentega harus dalam suhu ruang. Jika terlalu panas pun, mentega juga tak bisa maksimal mengikat gelembung udara.

Baca juga: Cara Simpan Mentega Sesuai Kegunaannya

Cara melunakkan mentega beku

Untuk melunakkan mentega beku, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.