Kompas.com - 18/09/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi Covid-19 pada anak Ilustrasi Covid-19 pada anak

KOMPAS.com - Munculnya virus Corona varian Delta membuat banyak orang menjadi lebih khawatir. Pasalnya, varian baru ini disebut dapat menyebar lebih cepat dan mengancam semua kelompok usia, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Akan tetapi, sistem kekebalan tubuh pada anak terhadap Covid-19 jauh lebih baik dibandingkan kelompok usia lainnya.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Senin (13/9/2021), rumah sakit anak di seluruh New York, Amerika Serikat, harus berjibaku saat melawan pandemi Covid-19 pada awal tahun lalu.

Penyebabnya, banyak rumah sakit anak di kota itu justru merawat orang dewasa yang terinfeksi Covid-19, sedangkan rumah sakit umum telah lebih dulu dipenuhi pasien Covid-19.

Dilansir dari Nature melalui KOMPAS.com, data yang dikumpulkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dari rumah sakit di seluruh Amerika Serikat menunjukkan bahwa pasien rawat inap akibat infeksi Covid-19 di bawah usia 18 tahun berjumlah kurang dari dua persen.

Selama Maret 2020 hingga Agustus 2021, total pasien anak yang dirawat inap akibat Covid-19 sebanyak 3.649. Sekitar 420 anak dari jumlah tersebut meninggal dunia akibat infeksi virus Corona.

Baca juga: Panduan Olahraga di Rumah untuk Orang Tanpa Gejala Covid-19

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jumlah kematian akibat Covid-19 di Amerika Serikat dan negara lain di dunia masih didominasi oleh orang dewasa.

Meski begitu, para ahli imunologi tidak terkejut dengan fenomena yang membuktikan bahwa sistem kekebalan anak lebih baik dalam melawan Covid-19.

Orang dewasa memang telah memiliki pengalaman dalam berhadapan dengan virus lain. Kelompok usia ini mungkin pernah terinfeksi atau bahkan divaksinasi sebelumnya.

Oleh sebab itu, sistem kekebalan tubuh orang dewasa telah terlatih menghadapi patogen yang tampak serupa.

Akan tetapi, virus SARS-CoV-2 adalah penyakit baru dan mulai memiliki kedudukan yang sama dengan patogen lain.

Baca juga: Apa yang Berubah dalam Hidup Kita jika Covid-19 Jadi Endemi?

Menurut ahli imunologi dan genetika di Icahn School of Medicine, Mount Sinai, New York City, Dusan Bogunovic mengatakan, anak-anak dinilai jauh lebih baik dalam menghadapi dan mengendalikan infeksi virus Corona.

"Kami selalu menganggap anak-anak sebagai pabrik kuman, tapi bukan karena sistem kekebalan mereka tidak efektif, mereka hanya tidak berpengalaman," kata Dusan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.