Kompas.com - 18/09/2021, 10:30 WIB
Ilustrasi Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Shutterstock/HarismoyoIlustrasi Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.

KOMPAS.com - Ada banyak faktor yang mempengaruhi seseorang dalam memilih universitas, salah satunya adalah peringkatnya di skala nasional maupun internasional berdasarkan lembaga survei.

Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) 2022, salah satu lembaga survei yang sering menjadi acuan, telah merilis daftar universitas terbaik di dunia, termasuk di Indonesia.

Terdapat 14 universitas di Indonesia yang masuk dalam daftar universitas terbaik versi THE WUR 2022.

Dari hasil pemeringkatan THE WUR 2022, Universitas Indonesia (UI) menjadi kampus terbaik di Indonesia.

Posisi dua dan tiga diisi universitas yang terletak di Kota Bandung, Jawa Barat, yakni Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Baca juga: 10 Universitas Terbaik di Indonesia 2021 Versi Webometrics

Metode penelitian

Metode yang digunakan THE WUR dalam pemeringkatan universitas di dunia adalah dengan menghimpun sejumlah data dari 1.600 universitas di 99 negara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Secara keseluruhan, The WUR melakukan pemeringkatan terhadap 1.662 universitas di seluruh dunia.

452 universitas di antaranya terdaftar dengan status "reported", yang berarti bahwa sejumlah universitas tersebut memberikan data tetapi tidak memenuhi kriteria pemeringkatan The WUR.

Dalam hal ini, 19 universitas di Indonesia masuk dalam kategori survei, namun 5 universitas masuk dalam kategori reported.

Adapun universitas di Indonesia yang masuk kategori reported, yakni Universitas Bakrie, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Sumatera Utara, dan Universitas Negeri Surabaya.

Baca juga: Daftar 20 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Rank 2021

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.