Kompas.com - 18/09/2021, 15:30 WIB
Bunga telang juga bisa digunakan untuk menyuburkan rambut, diolah menjadi hair mist. Unsplash/Artur SoltysiakBunga telang juga bisa digunakan untuk menyuburkan rambut, diolah menjadi hair mist.

KOMPAS.com - Manfaat bunga telang untuk kesehatan sangat banyak. Mulai dari mengatasi nyeri menstruasi, mengobati asma, menyehatkan mata, hingga mengobati demensia. 

Bunga telang adalah tumbuhan dari suku polong-polongan yang banyak ditemukan di pekarangan atau tepi ladang juga hutan.

Dulu bunga telang dilewatkan begitu saja. Warna biru dari kelopaknya yang berbentuk kupu-kupu, hanya dilirik selintas saja oleh kedua mata.

Namun sekarang, bunga telang masuk ke ranah dapur juga ranah pengobatan herbal. Digunakan sebagai bahan seduhan teh yang menyehatkan, juga digunakan untuk mewarnai adonan kudapan seperti roti dan puding.

Bunga telang memang bermanfaat ganda. Selain bisa masuk ranah dapur dan pengobatan, bunga telang ternyata juga bisa masuk ke ranah kecantikan.

Baca juga: Jadi Obat Tradisional, Ini Khasiat Bunga Telang untuk Kesehatan

Menyehatkan rambut dengan bunga telang

Ilustrasi bunga telang. PIXABAY/HA PHAM Ilustrasi bunga telang.
Ekstrak dari bunga telang bisa diolah menjadi krim skin care, digunakan untuk menyehatkan kulit wajah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari Netmeds, kandungan flavanoid dalam bunga telang bisa menstimulasi produksi kolagen serta memperbaiki elastisitas kulit. 

Hanya dengan minum seduhan bunga telang saja, Anda bisa membersihkan saluran cerna, ginjal dan hati dari pertikel-partikel yang bersifat merusak. Ketika organ dalam Anda bersih, maka hal ini akan berefek ke kondisi kulit.

Selain itu, bunga telang juga mengandung anthocyanin, yaitu komponen yang bisa melancarkan peredaran darah di kepala sehingga bisa digunakan untuk menyehatkan kulit kepala.

Komponen ini juga efektif digunakan menyehatkan folikel rambut dari dalam, dan menyuburkan pertumbuhan rambut.

Baca juga: Panduan dan Cara Menanam Bunga Telang

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.