Kompas.com - 16/09/2021, 19:00 WIB
Alasan anjing mengubur tulang ternyata berkaitan dengan kebiasaan nenek moyangnya. Unsplash/Brandon CormierAlasan anjing mengubur tulang ternyata berkaitan dengan kebiasaan nenek moyangnya.

KOMPAS.com - Anjing mengubur tulang selepas menggigit-gigitnya adalah kebiasaan unik yang dilakukan oleh anjing liar maupun anjing-anjing peliharaan.

Kebiasaan anjing ini terkadang membuat bingung manusia. Tulang yang sudah digerogoti hingga licin, kemudian dibawa ke pojok halaman untuk dikubur di dalam tanah.

Kemudian beberapa saat kemudian, bisa keesokan harinya, anjing akan kembali ke tempat tersebut untuk menggali lagi kuburan tulang yang ada.

Tulang akan kembali diambil, dan kembali digigit-gigit hingga berjam-jam lamanya.

Apakah alasan anjing melakukan itu semua?

Baca juga: Tanda-tanda Anjing Kesayangan Tengah Jatuh Sakit

Alasan mengapa anjing mengubur tulang

Dilansir dari Livescience, tujuan utama anjing mengubur tulang adalah untuk menyimpannya agar tak diambil anjing atau binatang lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Teoti Anderson, pelatih anjing profesional asal Florida Amerika Serikat, mengatakan bahwa anjing melakukan hal tersebut agar di kemudian hari ia bisa mengambil kembali tulang yang ada dan menikmatinya berlama-lama.

Ilustrasi anjing makan tulangUnsplash/Aditya Joshi Ilustrasi anjing makan tulang
Kebiasaan ini adalah kebiasan genetik yang menurun dari nenek moyang mereka, yaitu anjing-anjing liar juga serigala yang hidup di hutan.

"Ketika kita tak yakin apa yang bisa kita makan selanjutnya, maka naluri yang wajar jika kita menyimpan makanan sisa untuk berjaga-jaga," paparnya.

Kebiasan mengubur sisa makanan favorit sebenarnya bukan hanya kebiasan anjing saja. Kebiasaan ini juga dilakukan hewan mamalia lain juga burung-burung.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.