Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Kuota Kemendikbud untuk Operator Telkomsel, Tri dan Indosat

Kompas.com - 12/09/2021, 10:00 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

 

KOMPAS.com - Bantuan kuota internet Kemendikbud mulai didistribusikan bagi siswa, mahasiswa, guru dan dosen yang menggunakan layanan operator Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Tri dan Smartfren.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mendistribusikan bantuan kuota internet mencapai 2,3 triliun yang akan diproses pada September 2021.

Mengutip Peraturan Sekretaris Jenderal Nomor 14 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Pemerintah Paket Kuota Data Internet tahun 2021.

Penerima bantuan kuota internet Kemendikbud Ristek masih sama seperti sebelumnya, yakni:

  • Peserta didik pada pendidikan anak usia dini (PAUD) dan jenjang pendidikan dasar dan menengah
  • Pendidik pada PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah
  • Mahasiswa
  • Dosen

Baca juga: Bantuan Kuota Kemendikbud Cair Hari Ini, Berikut Besaran Kuota dan Cara Mendapatkannya

Bantuan kuota internet diberikan guna mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) kepada siswa dan tenaga pengajar dari berbagai jenjang pendidikan.

Mengutip CNN, berikut ini cara mengecek kuota pelajar di operator Telkomsel, Indosat, XL, Tri dan Smartfren:

Operator Indosat Ooredo

Ketik USSD *123*075#, lalu pilih "Status & Cek Kuota". Informasi akan dikirim via SMS. Ada pula cara lain, yakni lewat mengunduh aplikasi myIM3, dan masuk ke menu 'data.'

Operator XL Axiata

Untuk mengecek kuota internet gratis Kemendikbud pada provider XL, ketik USSD *123*7*1#, lalu pilih 'Cek Kuota' atau dengan membuka aplikasi AxisNet.

Operator Tri/3

Pengecekan bagi pengguna 3 dapat dilakukan melalui USSD *123*1083#, lalu pilih menu informasi kuota. Operator secara otomatis akan mengirim informasi data internet lewat SMS. Pengecekan juga bisa dilakukan lewat aplikasi Bima+, informasi kuota akan muncul di halaman utama saat membuka aplikasi.

Operator Telkomsel

Baca juga: Cara Mendapatkan Kuota Internet Kemendikbud September-November 2021

Bagi pengguna Telkomsel, ketik USSD *888# lalu pilih cek pulsa dan kuota, kemudian pilih cek kuota. Informasi sisa kuota akan muncul di tampilan layar pengguna. Aplikasi myTelkomsel juga bisa digunakan untuk mengecek besar kuota Kemendikbud yang diterima.

Operator Smartfren

Pengguna Smartfren dapat mengeceknya melalui USSD *995#, lalu informasi akan dikirim via SMS secara otomatis. Jika mengecek lewat aplikasi MySmartfren, buka tampilan menu 'Paket Saya'.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com