Kompas.com - 12/09/2021, 10:00 WIB
Seorang warganet mengunggah sebuah twit yang menyatakan bahwa bantuan kuota Kemendikbud telah cair pada Rabu (11/5/2021) pagi. TWITTERSeorang warganet mengunggah sebuah twit yang menyatakan bahwa bantuan kuota Kemendikbud telah cair pada Rabu (11/5/2021) pagi.

 

KOMPAS.com - Bantuan kuota internet Kemendikbud mulai didistribusikan bagi siswa, mahasiswa, guru dan dosen yang menggunakan layanan operator Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Tri dan Smartfren.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mendistribusikan bantuan kuota internet mencapai 2,3 triliun yang akan diproses pada September 2021.

Mengutip Peraturan Sekretaris Jenderal Nomor 14 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Pemerintah Paket Kuota Data Internet tahun 2021.

Penerima bantuan kuota internet Kemendikbud Ristek masih sama seperti sebelumnya, yakni:

  • Peserta didik pada pendidikan anak usia dini (PAUD) dan jenjang pendidikan dasar dan menengah
  • Pendidik pada PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah
  • Mahasiswa
  • Dosen

Baca juga: Bantuan Kuota Kemendikbud Cair Hari Ini, Berikut Besaran Kuota dan Cara Mendapatkannya

Bantuan kuota internet diberikan guna mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) kepada siswa dan tenaga pengajar dari berbagai jenjang pendidikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengutip CNN, berikut ini cara mengecek kuota pelajar di operator Telkomsel, Indosat, XL, Tri dan Smartfren:

Operator Indosat Ooredo

Ketik USSD *123*075#, lalu pilih "Status & Cek Kuota". Informasi akan dikirim via SMS. Ada pula cara lain, yakni lewat mengunduh aplikasi myIM3, dan masuk ke menu 'data.'

Operator XL Axiata

Untuk mengecek kuota internet gratis Kemendikbud pada provider XL, ketik USSD *123*7*1#, lalu pilih 'Cek Kuota' atau dengan membuka aplikasi AxisNet.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.