Lembah Panjshir, Satu-satunya Wilayah Afghanistan yang Sulit Ditaklukan Taliban, Soviet hingga Inggris

Kompas.com - 22/08/2021, 20:38 WIB
Pemandangan di Lembah Panjshir, Afghanistan, yang diabadikan pada 21 Mei 2011 oleh angkatanbersenjata Amerika Serikat (AS). USAF via WIKIMEDIAPemandangan di Lembah Panjshir, Afghanistan, yang diabadikan pada 21 Mei 2011 oleh angkatanbersenjata Amerika Serikat (AS).
Penulis Farid Assifa
|

KOMPAS.com - Lembah Panjshir di Afghanistan merupakan satu-satunya wilayah di Afghanistan yang tidak bisa ditaklukkan Taliban.

Lembah menjadi tempat berkumpulnya pejuang Mujahidin yang merupakan kelompok anti-Taliban.

Lembah ini berada di Afghanistan timur dan dekat dengan perbatasan Afghanistan Pakistan.

Poisinya berada di antara pegunungan dengan sungai membentang dan airnya jernih.

Lembah Pajshir yang disebut juga Lima Singa dalam bahasa Afghanistan juga sulit ditaklukan pada masa invasi Uni Soviet. Bahkan, militer Inggris sekalipun tidak bisa menduduki lembah ini ketika mereka berusaha menjajah Afghanistan pada abad ke-19.

Lalu pada tahun 1980-an ketika Uni Soviet (kini Rusia) menginvasi Afghanistan, lembah ini pun sulit tersentuh. Pasukan Uni Soviet mendapat perlawanan dari pejuang Mujahidin yang dipimpin Ahmad Shah Massoud.

Ahmad Shah Massoud juga memimpin perlawanan terhadap Taliban pada tahun 1996-2001 dari Lembah Panjshir. Lagi-lagi Taliban sulit menaklukannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemimpin Mujahidin yang legendaris ini mampu menyatukan sejumlah faksi yang berbeda di Afghanistan, hingga terbentuklah sebuah alinasi yang disebut Aliansi Utara. Aliansi ini menyumbangkan lebih dari 30 persen penduduk Afghanistan.

Namun Ahmad Shah Massoud dibunuh dua hari sebelum serangan 11 September 2001. Pelakunya diduga dari kelompok Al Qaeda.

Baca juga: Mengenal Lembah Panjshir, Satu-satunya Wilayah yang Belum Ditaklukkan Taliban

Kini kepemimpinan kelompok itu dilanjutkan oleh anak Ahmad Shah Massoud bernama Ahmad Massoud. Ia menyatakan siap mengikuti jejak langkah ayahnya untuk melawan Taliban.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.