Kompas.com - 14/08/2021, 11:25 WIB

KOMPAS.com - Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia yang diperingati setiap 17 Agustus tinggal menghitung hari.

Perayaan 17 Agustus identik dengan perayaan meriah yang digelar secara swadaya oleh masyarakat di berbagai daerah.

Ada yang mengadakan lomba-lomba untuk memeriahkan peringatan kemerdekaan, ada pula yang membuat panggung hiburan agar suasana 17-an semakin meriah.

Peringatan HUT ke-76 RI tahun ini masih akan digelar dalam situasi pandemi Covid-19.

Baca juga: Sejarah Proklamasi 17 Agustus 1945

Bolehkah menggelar lomba-lomba 17-an?

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengatakan, pemerintah saat ini sedang menyusun panduan kegiatan apa saja yang bisa dilakukan masyarakat untuk memeriahkan HUT ke-76 RI.

Kondisi kasus Covid-19 menjadi pertimbangan utama, sehingga pemerintah akan menghindari kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan.

"Pada intinya pemerintah akan meminimalisir terlebih dahulu kegiatan yang menimbulkan kerumunan, dengan mempertimbangkan kondisi kasus terkini nantinya," kata Wiku, saat dihubungi Kompas.com, Senin (9/8/2021).

Wiku menyebutkan, pemerintah akan segera menerbitkan panduan penyelenggaraan peringatan HUT ke-76 RI.

"Namun terkait detilnya mohon menunggu," ujar Wiku.

Sebelumnya diberitakan, Wiku menyarankan agar masyarakat merayakan Hari Kemerdekaan 17 Agustus secara virtual.

"Tanpa menghilangkan rasa cinta Tanah Air, kita dapat merayakan hari kemerdekaan dari rumah. Misalnya dengan jenis perayaan virtual saja," kata Wiku, seperti diberitakan Kompas.com, 6 Agustus 2021.

Ia mengingatkan, lonjakan kasus Covid-19 masih terjadi di Indonesia. Oleh karena itu, kegiatan selebrasi yang berisiko dan memicu kerumunan harus diminimalisasi.

Perayaan 17 Agustus secara virtual, menurut dia, tak akan mengurangi rasa cinta warga negara terhadap Tanah Air.

"Sejatinya, dengan kita meminimalisir kegiatan berisiko, ini adalah cerminan rasa cinta Tanah Air yang sebenarnya karena hendak mempercepat proses pengendalian Covid-19 di Indonesia," kata Wiku.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.