Kapan Harus Tes Usai Kontak Erat dengan Pasien Positif Covid-19?

Kompas.com - 26/07/2021, 15:00 WIB
Sebanyak 132 orang mengikuti tes Rapid Antigen ini di Pedukuhan Kadigunung, Kalurahan Hargomulyo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. KOMPAS.com/DANI JULIUSSebanyak 132 orang mengikuti tes Rapid Antigen ini di Pedukuhan Kadigunung, Kalurahan Hargomulyo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

KOMPAS.com – Kasus infeksi virus corona penyebab penyakit Covid-19 di Indonesia masih terus menyebar. 

Kendati tren laporan kasus sedikit mengalami penurunan, namun angka kasus infeksi masih tinggi. 

Update terakhir pada Minggu (25/7/2021), Indonesia melaporkan 38.679 kasus positif, 1.266 korban meninggal dan 37.640 pasien sembuh. 

Baca juga: 4 Kriteria Kontak Erat Covid-19 Menurut Kemenkes, Apa Saja?

Kontak erat pasien positif

Dalam kondisi risiko penularan yang masih tinggi, seseorang bisa berpotensi menjadi kontak erat seseorang yang positif Covid-19. 

Apabila baru saja berinteraksi atau melakukan kontak erat dengan seseorang yang terinfeksi Covid-19, kapan waktu yang tepat menjalani tes rapid Antigen maupun PCR?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terkait hal itu Kompas.com menghubungi Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.

Wiku menjelaskan, apabila seseorang baru saja berinteraksi atau menjalin kontak dengan pasien yang belakangan diketahui positif Covid-19, dapat melakukan tes apabila menunjukkan gejala. 

Selain itu bisa juga menunggu setelah 5 hari dari waktu terakhir melakukan kontak.

“Bisa menunggu sampai ada gejala atau sekitar 5 hari setelah kontak,” ujar Wiku dihubungi Kompas.com, Minggu (25/7/2021).

Baca juga: Panduan Isolasi Mandiri Pasien Covid-19

Segera karantina

Wiku juga menjelaskan, sembari menunggu tersebut, mereka yang baru saja kontak erat dengan orang yang positif Covid-19 tetap harus segera melakukan karantina atau isolasi mandiri.

“Perlu karantina. Artinya, hindari kontak lagi dengan orang lain selama karantina sambil diamati bila ada gejala,” jelas Wiku. 

Pihaknya juga mengatakan selama karantina penting untuk menjaga waktu istirahat dan olah raga yang cukup, serta tidak perlu stres. 

Selain itu diperlukan juga makan makanan bergizi supaya daya tahan tubuh meningkat.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.