Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Air Kelapa Bisa Bantu Sembuhkan Pasien Covid-19?

Kompas.com - 17/07/2021, 06:02 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

Sumber Kompas.com

KOMPAS.com - Beberapa waktu terakhir, muncul berbagai informasi mengenai bahan-bahan makanan yang dapat membantu proses penyembuhan Covid-19, termasuk air kelapa.

Banyak isu beredar yang menyatakan bahwa para penyintas Covid-19 bisa sembuh dari infeksi virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 dengan rutin mengonsumsi air kelapa.

Para ahli menegaskan, hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa air kelapa bisa membantu proses penyembuhan pasien Covid-19.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Senin (12/7/2021), Dokter Spesialis Gizi Klinis RS Pondok Indah, dr Juwalita Surapsari M.Gizi mengatakan hal serupa.

Menurut Juwalita, hingga kini belum ada bukti ilmiah bahwa air kelapa mampu berfungsi sebagai obat untuk membantu proses penyembuhan pasien Covid-19, walaupun mungkin bisa saja kandungan air kelapa dapat meningkatkan imunitas.

Baca juga: Ahli: Air Kelapa Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh, tetapi Bukan sebagai Obat

"Jadi jika dia (pasien Covid-19) merasa lebih baik, sebenarnya itu sesuatu yang bersifat subjektif dan kita harus melihatnya secara komprehensif," ucap Juwalita.

Menurutnya, ada tiga kemungkinan yang membuat pasien Covid-19 lebih cepat sembuh setelah rutin minum air kelapa.

1. Sugesti positif pasien Covid-19

Kemungkinan pertama yang menyebabkan pasien Covid-19 sembuh setelah minum air kelapa adalah sugesti positif dari pasien.

"Kemungkinan juga konsumsi air kelapa bisa memberi sugesti positif pada orang yang mengonsumsinya. Semua yang sifatnya sugesti positif terhadap tubuh kita bisa membawa dampak yang baik juga," ujar Juwalita.

Menurut Juwalita, selain merawat fisik, menjaga kesehatan pikiran juga sangat penting dalam proses penyembuhan penyakit.

"Jadi dengan afirmasi positif bahwa kita akan sembuh dan kita akan sehat, itu juga akan mendukung kita menjadi lebih sehat," imbuhnya.

Baca juga: Dijual Jutaan Rupiah, Ini Fakta Obat Tocilizumab untuk Lawan Covid-19

2. Pasien Covid-19 sudah menjalani diet seimbang

Kemungkinan selanjutnya adalah pasien Covid-19 sudah menjalani diet seimbang yang mendukung proses penyembuhan infeksi virus Corona yang dialaminya.

Diet seimbang juga sangat penting untuk dilakukan untuk meningkatkan imunitas. Hak itu membantu proses pemulihan selain tetap menjalani pengobatan medis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com