Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Merebus Daging Sapi agar Empuk Menurut Chef Profesional

Kompas.com - 11/07/2021, 18:02 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

Sumber Kompas.com

KOMPAS.com - Butuh waktu yang cukup lama untuk membuat daging sapi menjadi empuk.

Akan tetapi, tidak ada patokan pasti mengenai berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk merebus daging sapi agar empuk.

Hal itu dikatakan oleh Executive Chef Aprez Catering by Amuz Group, Stefu Santoso, sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (4/5/2021).

Menurut Stefu, waktu merebus daging harus disesuaikan dengan jenis daging dan bagian yang hendak dimasak.

“Apa local beef, apa daging sapi Australia. Tergantung juga bagian mana," ujar Stefu.

"Ada bagian top side (gandik), rump (tanjung), atau bagian sengkel, sandung lamur. Itu waktunya sangat berbeda, kita enggak punya patokan pasti,” imbuhnya.

Baca juga: Simak Manfaat dan Risiko Diet Karnivora, Cocok bagi Penyuka daging

Stefu berpendapat, daging sapi impor lebih mudah empuk dibanding daging sapi lokal. Meski begitu, bagian potongan daging tetap berpengaruh terhadap lama atau tidak proses pengempukan.

“Contoh ya kita pakai impor sengkel. Terus kita pakai daging sapi lokal bagian has luar atau has dalam. Otomatis yang lokal lebih cepat matang,” ujar Stefu.

Dia menjelaskan, bagian has luar dan has dalam merupakan bagian yang paling mudah empuk dibanding bagian daging sapi lainnya, baik itu lokal maupun impor.

Berbeda dengan bagian has, sengkel merupakan bagian yang paling sulit empuk saat direbus. Pasalnya, bagian ini memiliki banyak gelatin dan lebih berurat.

Waktu yang dibutuhkan untuk merebus daging sapi

Seperti yang sudah dijelaskan oleh Stefu, tidak ada patokan waktu yang pasti untuk merebus daging sapi hingga empuk.

Baca juga: Jangan Asal Konsumsi, Cermati Ciri Daging Ayam yang Sudah Tak Layak Makan

Selain bergantung jenis dan bagian daging sapi yang diolah, alat masak yang digunakan pun cukup berpengaruh. Jika yang digunakan untuk merebus daging sapi adalah panci biasa, waktu yang dibutuhkan bisa mencapai lebih dari 45 menit.

Akan tetapi, meskipun menggunakan panci biasa namun metode merebus yang dipakai adalah 5-30-7, maka total waktu yang dibutuhkan untuk membuat daging sapi menjadi empuk adalah kurang lebih 45 menit.

Proses pengempukan daging sapi bisa lebih cepat jika menggunakan panci presto. Bagian yang sulit empuk sekalipun, seperti sengkel, bisa lebih mudah empuk jika diolah menggunakan panci presto.

“Karena dia pakai uap di-pressure, tidak ada uap yang keluar sama sekali. Itu lebih mempercepat saja sih. Segala jenis daging dia bisa empuk,” terangnya.

Stefu menjelaskan, merebus menggunakan panci presto hanya membutuhkan waktu 30-40 menit saja hingga daging sapi menjadi empuk.

Baca juga: Jangan Mengonsumsi Daging Ayam Setiap Hari, Ini Bahayanya

Akan tetapi, Stefu menyarankan agar memotong daging sapi menjadi ukuran yang lebih kecil sebelum merebusnya. Dengan begitu, daging bisa lebih cepat empuk.

“Misalnya kita potong ukuran 2x2 sentimeter. Itu 30-45 menit pasti empuk. Tapi kalau kita potongannya sekitar 15x15 sentimeter itu belum tentu sama waktunya, akan lebih lama,” jelasnya.

Sumber: KOMPAS.com (Syifa Nuri Khairunnisa/Silvita Agmasari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com