Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

INFOGRAFIK: Efektivitas Vaksin Covid-19 Tangkal Varian Alpha hingga Delta

Kompas.com - 20/06/2021, 09:00 WIB
Akbar Bhayu Tamtomo,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan bahwa tiga varian virus corona dari luar negeri kini telah masuk di Indonesia.

Ketiganya yakni varian Alpha B.1.1.7 asal Inggris, varian Delta B.1.617.2 asal India, serta varian Beta B.1.351 yang berasal dari Afrika Selatan. 

Sejumlah varian virus corona tersebut diduga menjadi salah satu pemicu terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di beberapa wilayah di Indonesia. 

Meksipun demikian, Kementerian Kesehatan memastikan bahwa vaksin yang ada saat ini masih efektif untuk mencegah seseorang mengalami kondisi parah karena infeksi virus. 

Juru bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmidzi menegaskan bahwa vaksin Covid-19 yang saat ini digunakan efektif terhadap mutasi virus corona. 

“Sampai saat ini belum ada penelitian ataupun bukti ilmiah yang menunjukkan vaksin yang telah diproduksi dan telah digunakan di berbagai belahan dunia tidak bisa melindungi kita dari virus varian baru ini. Vaksin yang digunakan dalam upaya kita melakukan penanggulangan pandemi covid 19 masih sangat efektif,” tegas dr. Nadia. 

Selengkapnya dapat disimak dalam infografik berikut ini: 

 

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Efektivitas Vaksin Covid-19 Tangkal Varian Alpha hingga Delta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com