Mengenal CPR, Pertolongan Pertama untuk Christan Eriksen Saat Kolaps di Lapangan

Kompas.com - 13/06/2021, 12:45 WIB
Para pemain Denmark saling menjaga saat paramedis merawat gelandang Christian Eriksen (tidak terlihat) dalam laga Grup B UEFA Euro 2020 antara Denmark dan Finlandia di Stadion Parken di Kopenhagen pada 12 Juni 2021. AFP/WOLFGANG RATTAYPara pemain Denmark saling menjaga saat paramedis merawat gelandang Christian Eriksen (tidak terlihat) dalam laga Grup B UEFA Euro 2020 antara Denmark dan Finlandia di Stadion Parken di Kopenhagen pada 12 Juni 2021.

KOMPAS.com - Momen menegangkan terjadi pada pertandingan Denmark vs Finlandia di ajang Piala Eropa atau Euro 2020 yang berlangsung pada Sabtu (12/6/2021).

Salah seorang pemain Denmark, Christian Eriksen, tiba-tiba kolaps dan tak sadarkan diri ketika akan menerima umpan lemparan dalam dari rekannya.

Para pemain pun langsung mendekatinya dan segera memanggil tim medis. Tindakan pertama yang mereka lakukan adalah Cardiopulmonary Resuscitation atau CPR.

Berkat pertolongan cepat rekan dan tim medisnya, nyawa Eriksen pun tertolong dan segera dibawa ke rumah sakit.

Baca juga: Penjelasan Dokter Timnas Denmark soal Momen Kolaps Christian Eriksen

Apa itu CPR dan seperti apa pertolongan ini diberikan?

Mengutip Mayoclinic, CPR (Cardiopulmonary Resuscitation) merupakan teknik penyelamatan nyawa yang berguna dalam banyak keadaan darurat, seperti serangan jantung atau hampir tenggelam.

American Heart Association merekomendasikan memulai CPR dengan kompresi dada yang keras dan cepat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada tiga cara melakukan CPR tergantung kemampuan seseorang.

Tak terlatih

Jika Anda tidak terlatih dalam CPR atau khawatir memberikan napas bantuan, maka berikan CPR tangan. Artinya, kompresi dada tanpa gangguan selama 100 hingga 120 per menit sampai paramedis tiba.

Terlatih

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X