Kompas.com - 21/05/2021, 20:15 WIB
Tangkapan layar situs jual beli Raid Forums, di mana salah satu anggotanya menjual dataset yang diklaim milik 279 juta penduduk Indonesia. Raid ForumsTangkapan layar situs jual beli Raid Forums, di mana salah satu anggotanya menjual dataset yang diklaim milik 279 juta penduduk Indonesia.

KOMPAS.com - Masyarakat dihebohkan dengan dugaan kebocoran 279 juta data penduduk yang dibobol dari laman BPJS Kesehatan.

Melalui sebuah twit viral pada Kamis (20/5/2021), disebutkan data penduduk yang bocor ini, dijual ke forum online 'Raid Forums' oleh seorang member dengan nama samaran Kotz.

Kotz menyebutkan bahwa data tersebut berisi NIK, nomor ponsel, e-mail, alamat, dan gaji. Termasuk data penduduk Indonesia yang telah meninggal dunia.

Baca juga: Hati-hati Penipuan, Jangan Berikan Kode OTP kepada Siapa Pun!

Bagaimana laman resmi pemerintah bisa dibobol dan apa bahayanya? Berikut penjelasan dari ahli IT.

Menerobos database

Pemerhati keamanan siber sekaligus staf engagement and learning specialist di Engage Media Yerry Niko Borang mengatakan, pembobolan data semacam ini menggunakan website sebagai pintu untuk menerobos database.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini yang jelas bukan hanya mencuri dari halaman web. Biasanya itu hanya sebagai jalan masuk untuk menerobos database yang tersimpan di dalam server," jelas Yerry, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (21/5/2021).

Menurut Yerry, website BPJS hanya sebagai pintu masuk saja. Sementara akan masalah mengapa bisa sampai dibobol, perlu evaluasi dan investigasi mendalam.

"Kita juga perlu memfungsikan badan siber yang telah dibentuk dan untuk ke depannya perlu ada review menyeluruh atas prosedur pengamanan data warga negara di lembaga-lembaga yang menyimpan data," kata Yerry.

Baca juga: Data Terbaru BNPB: 763 Bencana Terjadi Sepanjang 2021

Faktor yang menyebabkan kebocoran data ini bisa berbagai macam.

Yerry mencontohkan, bisa karena masalah dana, peralatan, atau kualitas sumber daya manusia. Maka, meningkatkan pendidikan teknisi website bisa jadi salah satu solusi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.