Rincian Biaya Transaksi Bank BUMN di ATM Link Per 1 Juni 2021: Cek Saldo Rp 2.500, Tarik Tunai Rp 5.000

Kompas.com - 21/05/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi penarikan uang di mesin ATM SHUTTERSTOCKIlustrasi penarikan uang di mesin ATM

KOMPAS.com - Empat bank BUMN atau Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN yang tergabung ke dalam ATM Link akan melakukan penyesuaian biaya transaksi.

Keempat bank pelat merah tersebut menerapkan biaya yang sama untuk transaksi cek saldo sebesar Rp 2.500 dan tarik tunai Rp 5.000 di mesin ATM Himbara yang berbeda dan ATM Link, dari semula Rp 0 atau gratis.

ATM Link merupakan semua ATM milik empat bank negara tersebut, yang telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Dihubungi Kompas.com, Corporate Secretary BRI Aestika Oryza mengatakan bahwa penyesuaian diberlakukan pada transaksi cek saldo dan tarik tunai, dari sebelumnya tidak dikenakan biaya.

"Penyesuaian tersebut terhitung mulai 1 Juni 2021 dan berlaku sampai dengan adanya penyesuaian di kemudian hari," kata Aestika, Jumat (21/5/2021).

Baca juga: Mulai 1 Juni, Tarik Tunai dan Cek Saldo Bank BUMN di ATM Link Kena Biaya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alasan penyesuaian biaya transaksi

Penyesuaian biaya transaksi cek saldo dan tarik tunai tersebut menurut Aestika merupakan kesepakatan Himbara dan untuk mendukung kenyamanan nasabah bertransaksi di ATM Himbara.

Penyesuaian biaya itu menurut pihaknya menjadi bentuk healthy business untuk menciptakan bisnis yang berkelanjutan.

Selain itu, penyesuaian biaya transaksi tersebut juga merupakan komitmen untuk meningkatkan layanan perbankan inklusif, peningkatan keamanan, dan kualitas layanan yang pada akhirnya menciptakan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi.

"Hal ini juga dilakukan untuk mendukung GNNT (Gerakan Nasional Non Tunai) atau mendorong cashless society untuk mengurangi ketergantungan masyarakat atas penggunaan uang tunai dalam bertransaksi," ujar Aestika.

Aestika menambahkan, hal ini menjadi momentum bagi nasabah untuk mendorong transaksi secara cashless dan menggunakan digital banking utamanya Internet Banking, BRImo, dan Mobile Banking yang lebih praktis, mudah, dan murah bagi nasabah.

Baca juga: Seleksi Beasiswa LPDP Dilakukan Online, Simak Proses dan Tahapannya

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.