Rusia Kembangkan Vaksin Covid-19 untuk Hewan, Penerima Pertama Seekor Kucing

Kompas.com - 16/05/2021, 18:30 WIB

KOMPAS.com - Seekor kucing bernama Kasha di Moskow, Rusia, menjadi salah satu penerima pertama vaksin Covid-19 yang diperuntukkan bagi hewan.

Melansir tayangan video DW, Sabtu (15/5/2021), vaksin bernama Carnivac-Cov itu dikembangkan oleh FGBI ARRIAH dan telah disetujui penggunaannya oleh Rosselkhoznadzor, Layanan Federal untuk Pengawasan Hewan dan Fitosanitasi Rusia.

Otoritas Rusia mengatakan, vaksin Carnivac-Cov diperkirakan mampu melindungi hewan dari infeksi virus corona selama setidaknya enam bulan setelah penyuntikan.

Baca juga: Cara Memandikan Kucing, Ikuti 10 Langkah Ini

"Hewan juga bisa mengalami gejala penyakit ini (Covid-19). Seperti misalnya masalah pernapasan, batuk, atau kehilangan indera perasa dan penciuman," kata Ekaterina Vorobyova, seorang dokter hewan di Moskow.

"Pada dasarnya, gejalanya sama seperti pada manusia, tetapi dalam kadar yang lebih ringan," imbuhnya.

Kekhawatiran infeksi corona pada hewan

Meski bisa terkena Covid-19 seperti pada manusia, hal tersebut bukan kekhawatiran utama pakar kesehatan terkait infeksi virus corona pada hewan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan bahwa hewan dapat menjadi pembawa virus dan bahkan menularkan virus corona kepada manusia.

Tahun lalu, sedikitnya 17 juta cerpelai di Denmark harus dimusnahkan, karena terinfeksi virus corona.

Baca juga: Pertama Kalinya Kucing Peliharaan di Inggris Dites Positif Covid-19

Penasihat Kepala Rosselkhoznadzor Yulia Melano mengatakan, kehadiran vaksin Carnivac-Cov mampu mencegah terjadinya infeksi semacam itu.

"Vaksin ini dikembangkan sebagai langkah pencegahan. Ditujukan terhadap kemungkinan situasi buruk di masa mendatang, seperti mutasi yang dapat berpindah dari satu jenis hewan ke hewan lain," kata Melano.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.