[KLARIFIKASI] Klaim Inggris Turunkan Status Covid-19 Jadi Penyakit Biasa dan Pandemi Berakhir

Kompas.com - 05/04/2021, 10:55 WIB
Tangkapan layar unggahan pesan soal klaim Pemerintah Inggris turunkan status Covid-19 karena bisa diatasi dengan parasetamol. FacebookTangkapan layar unggahan pesan soal klaim Pemerintah Inggris turunkan status Covid-19 karena bisa diatasi dengan parasetamol.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
klarifikasi

klarifikasi!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, ada yang perlu diluruskan terkait informasi ini.

KOMPAS.com - Di media sosial, sejumlah akun membagikan narasi unggahan yang menyebut bahwa Inggris telah menurunkan status Covid-19 dari penyakit menular yang parah menjadi penyakit menular biasa.

Dalam narasi yang beredar itu, diklaim berasal dari situs resmi Pemerintah Inggris. Disebutkan pula bahwa penurunan status itu karena menganggap virus corona sebagai konspirasi, dan pandemi sudah berakhir.

Setelah ditelusuri, informasi itu keliru sehingga perlu diluruskan.

Faktanya, penurunan status Covid-19 karena Pemerintah Inggris menganggap infeksi virus corona kini telah lebih dipahami dengan pengujian yang memadai dan adanya kesadaran klinis masyarakat yang semakin meningkat.

Narasi yang beredar

Ketika ditelusuri, ada sejumlah akun yang membagikan informasi ini. Ada yang membagikan narasi dengan menautkan link laman Pemerintah Inggris, ada pula yang membagikan tangkapan layar informasi dari percakapan WhatsApp.

Sejumlah akun yang membagikan itu di antaranya, akun ini, ini, ini, dan ini

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tangkapan layar unggahan pesan soal klaim Pemerintah Inggris turunkan status Covid-19 karena bisa diatasi dengan parasetamol.Facebook Tangkapan layar unggahan pesan soal klaim Pemerintah Inggris turunkan status Covid-19 karena bisa diatasi dengan parasetamol.
Berikut narasi lengkap unggahan tersebut:

"File Corona ditutup di Inggris
Cepat
Klasifikasi UK Povid berubah dari penyakit menular yang parah menjadi penyakit menular biasa…

Permainan berakhir 

Pemerintah Inggris menyatakan bahwa penyakit Corona adalah virus yang umum, dan hanya orang yang memiliki masalah lain yang takut akan penyakit itu. Dan itu bisa dilawan dengan pil Parastamol. Tutup file Corona setelah Organisasi Kesehatan Dunia secara resmi terlibat dalam konspirasi melawan kemanusiaan, memaksa mereka untuk mengaku dan mengubah pernyataan mereka, dan perintah akan diarahkan ke semua negara untuk dibuka dan tidak perlu ada jarak sosial dan mengarahkan pemulangan hidup normal

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X