Lagi Tren, Perhatikan Tips Aman Menggunakan Air Fryer

Kompas.com - 01/03/2021, 17:00 WIB
Ilustrasi air fryer, alat menggoreng tanpa minyak. SHUTTERSTOCK/VENUS ANGELIlustrasi air fryer, alat menggoreng tanpa minyak.

KOMPAS.com - Air fryer mengubah dunia dapur. Lantaran alat ini membuat orang yang dulu anti gorengan jadi bisa leluasa menikmati sajian gorengan dalam komposisi resep apapun. 

Dengan tenaga listrik, air fryer hanya membutuhkan sedikit minyak untuk mematangkan sajian, baik daging, kentang, maupun seafood.  Bahkan terkadang, dalam proses pematangan makanan, alat ini tak membutuhkan minyak sama sekali.

Dengan cara ini, tentu saja sajian jadi minim kandungan lemak dan kolesterolnya. Alhasil, sajian jadi lebih sehat dan aman bagi tubuh.

Plus minus air fryer

Alat ini mengedarkan udara panas di sekitar makanan. Udara panas yang ada melahirkan efek Maillard.

Efek Maillard yaitu efek kimia yang mengubah warna dan rasa makanan menggunakan asam amino dan gula. 

Berbagai manfaat dan keuntungan menggunakan air fryer  dikemukakan oleh AlodokterMulai dari menurunkan kandungan lemak pada makanan, membantu menurunkan berat badan, mengurangi pembentukan akrilamida yang berpotensi menyebabkan kanker, hemat bahan baku, juga limbah yang minim.

Meski demikian, ada pula yang menyebut bahwa lamanya pemasakan dalam suhu tinggi menggunakan air fryer justru memicu munculnya akrilamida.

Warganet di Twitter, ramai memperdebatkan ini pada Minggu (28/2/2021) malam. 

Dimulai dengan akun @kakidekor yang menayangkan video tentang bahayanya menggunakan air fyrer.

Baca juga: Menggoreng dengan Air Fryer Lebih Sehat, Benarkah?

Langkah aman menggunakan air fryer    

Melansir Kompas.com, 14 Mei 2021, selain akrilamida ada pula berbagai senyawa berbahaya lain yang terbentuk dari proses pematangan makanan dengan suhu tinggi, termasuk menggunakan air fryer.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X