Wajib Diganti, Ini Perbedaan Kartu ATM Model Magnetic Stripe dan Chip

Kompas.com - 01/03/2021, 15:30 WIB
Kartu ATM dengan sistem magnetic stripes (kiri) dan chip (kanan) Kompas.com/Luthfia Ayu AzanellaKartu ATM dengan sistem magnetic stripes (kiri) dan chip (kanan)

KOMPAS.com - Pihak perbankan telah meminta kepada para nasabah untuk segera mengganti kartu ATM terbitan lama berbasis magnetic stripe ke kartu ATM baru berbasis chip.

Penggantian tersebut sesuai dengan kebijakan Bank Indonesia yang tertuang dalam Surat Edaran BI No.17/52/DKSP tentang implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 (Enam) Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debet yang Diterbitkan di Indonesia.

“Pada prinsipnya, Kartu ATM/Debet yang diterbitkan di Indonesia wajib menggunakan teknologi chip yang telah disepakati oleh industri dan ditetapkan oleh Bank Indonesia sebagai standar nasional teknologi chip untuk Kartu ATM/Debet,” tulis BI dalam dokumen Frequently Asked Questions terkait aturan ini, dikutip pada Minggu (28/2/2021).

Baca juga: Bank Mandiri, BNI, dan BRI Segera Blokir Kartu ATM Magnetic Stripe

Paling lambat 31 Desember 2021

Bank Indonesia juga menjelaskan, proses pergantian dari ATM lama ke ATM teknologi chip paling lambat dilakukan pada tanggal 31 Desember 2021 untuk seluruh Kartu ATM, Kartu Debet, terminal ATM, terminal EDC dan sarana pemrosesnya.

Apabila sampai tanggal 31 Desember 2021 belum diganti maka kartu ATM/debet yang memakai teknologi magnetic stripe masih bisa dipakai namun hanya untuk transaksi pada rekening yang diperjanjikan bersaldo maksimal Rp 5 juta.

Lantas apa perbedaan kartu ATM lama berbasis magnetic stripe dan yang baru berbasis chip?

Perbedaan

Melansir dari Kompas.com, (21/1/2020), kartu ATM dengan mekanisme magnetic stripe dan chip perbedaannya bisa diamati dari penampilan fisiknya.

Apabila kartu ATM masih memiliki satu pola garis hitam memanjang di bagian belakang kartu maka ia merupakan kartu ATM yang masih menggunakan mekanisme lama yakni berbasis magnetic stripe.

Sementara apabila sudah menggunakan model terbaru maka ia memiliki chip di salah satu bagian kartunya seperti kartu perdana ponsel yang akan terbaca saat dimasukan dalam mesin EDC atau ATM saat melakuan transaksi.

Baca juga: Penjelasan BI soal Ramai-ramai Kartu ATM Magnetic Stripe Mau Diblokir

Teknologi

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X