Cebong, Kampret, Kadrun, Kebebasan Berpendapat Bukan Bebas Menghina

Kompas.com - 22/02/2021, 11:10 WIB
Ilustrasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi.

Pada masa Orde Reformasi yang menghadirkan demokrasi muncul suatu tafsir baru. Kebebasan berpendapat ditafsirkan sebagai kebebasan menghina. Beberapa (tidak semua) pihak gemar menyebut sesama warga dengan sebutan satwa

Anjing

Misalnya ada pihak menyebut para buzzer sebagai “anjing menggonggong”. Saya setuju para pencinta satwa tidak setuju sebutan “anjing” untuk para buzzer.

Anjing adalah satwa yang sangat saya kagumi dan hormati sebagai teladan kesetiaan tanpa pamrih yang jarang ditemui pada mahluk hidup lain-lainnya. Apalagi manusia yang penuh pamrih.

Kesetiaan tanpa pamrih anjing setara kesetiaan tanpa pamrih Sukrasana yang siap berkorban segalanya untuk Bambang Sumantri.

Kesetiaan para anjing militer sangat terhormat sehingga tidak jarang pemakaman anjing militer dilakukan dengan penuh kehormatan secara resmi upacara militer.

Anjing menggonggong merupakan ungkapan kesetiaan demi melindungi Sang Majikan dari ancaman marabahaya.

Maka anjing sungguh tidak layak digunakan sebagai kata penghinaan terhadap manusia sebab moral kesetiaan anjing justru sangat layak untuk diteladani oleh manusia.

Cebong

Menurut pendapat saya cebong dan kampret juga tidak layak digunakan sebagai kata penghinaan terhadap manusia. Apalagi sebutan satwa digunakan hanya akibat paham politik pihak yang dihina berseberangan dengan paham politik pihak yang menghina.

Cebong merupakan mahluk hidup sebagai bagian hakiki dari proses metamorfosa satwa yang memegang peran penting dalam eksositem planet bumi.

Andaikata tidak ada cebong maka mata-rantai ekosistem planet bumi terputus dengan dampak yang akan meruntuhkan seluruh ekosistem planet bumi seperti runtuhnya sebuah susunan piramida kartu.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X