Mengenal Garda Nasional, Pasukan yang Fotonya Viral Saat Telantar di Parkiran Gedung Capitol

Kompas.com - 24/01/2021, 08:35 WIB
Pasukan Garda Nasional beristirahat di parkiran mobil Gedung Capitol, saat mengamankan pelantikan Joe Biden pada Kamis (21/1/2021). TWITTER @SenatorTimScottPasukan Garda Nasional beristirahat di parkiran mobil Gedung Capitol, saat mengamankan pelantikan Joe Biden pada Kamis (21/1/2021).

KOMPAS.com - Sebanyak lebih dari 25.000 tentara Garda Nasional dikerahkan ke Washington DC untuk mengamankan pelantikan Joe Biden, usai terjadi kerusuhan awal bulan ini.

Namun pada Kamis (21/1/2021) beredar foto-foto personel Garda Nasional terpaksa beristirahat di parkiran setelah para pejabat kembali.

Tak pelak, para politisi langsung mengecam kondisi itu dan beberapa gubernur negara bagian meminta menarik pasukannya.

Presiden Amerika Serikat ( AS) Joe Biden langsung meminta maaf setelah beberapa anggota Garda Nasional yang bertugas di Gedung Capitol, tampak beristirahat dan tiduran di tempat parkir mobil.

Baca juga: Mengenal Pasukan Marinir TNI yang Kawal Pulang Massa Pedemo Tolak Omnibus Law di Jakarta

Apa itu Garda Nasional?

Melansir The Guardian, (18/8/2014), Garda Nasional merupakan komponen cadangan Angkatan Udara dan Angkatan Darat Amerika Serikat.

Setiap negara bagian seperti Washington DC dan teritori AS lainnya memiliki Garda Nasional yang bekerja ganda, baik untuk negara bagian dan pemerintah federal (pusat).

Garda Nasional dapat dimobilisasi oleh presiden AS untuk membantu angkatan bersenjata negara itu. Satuan ini juga sering kali menerima pendanaan dan pelatihan federal.

Dalam setiap negara bagian atau state, Garda Nasional memiliki unit militer, medis, penerbangan, teknik, dan lainnya.

Gubernur menjabat sebagai panglima tertinggi dan tidak memiliki kewajiban melapor ke presiden jika membutuhkan jasa Garda Nasional.

Secara umum, prajurit Garda Nasional memiliki pekerjaan sipil dan bertempat tinggal di rumah.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X