3 Negara yang Mulai Vaksinasi dengan Vaksin Sinovac, Mana Saja?

Kompas.com - 18/01/2021, 18:05 WIB
Petugas kesehatan menerima suntikan vaksin corona buatan Sinovac di RSIA Tambak, Jakarta Pusat, Jumat (15/1/2021). Vaksin Sinovac telah mendapatkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dengan izin penggunaan darurat ini, vaksin CoronaVac produksi Sinovac Life Science Co.Ltd.China dan PT Bio Farma (Persero) dapat digunakan untuk program vaksinasi di Indonesia. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPetugas kesehatan menerima suntikan vaksin corona buatan Sinovac di RSIA Tambak, Jakarta Pusat, Jumat (15/1/2021). Vaksin Sinovac telah mendapatkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dengan izin penggunaan darurat ini, vaksin CoronaVac produksi Sinovac Life Science Co.Ltd.China dan PT Bio Farma (Persero) dapat digunakan untuk program vaksinasi di Indonesia.

KOMPAS.com - Sejumlah negara telah melakukan program vaksinasi Covid-19 massal, sebagai upaya menekan penyebaran virus corona.

Salah satu vaksin yang digunakan dalam program vaksinasi ini adalah vaksin CoronaVac, produksi perusahaan farmasi Sinovac, China.

Dikutip dari BBC (14/1/2021), CoronaVac telah menjalani uji coba fase tiga di berbagai negara. Data sementara dari uji coba tahap akhir di Turki dan Indonesia menunjukkan bahwa vaksin tersebut efektif masing-masing 91,25 persen dan 65,3 persen.

Para peneliti di Brasil awalnya mengatakan 78 persen efektif dalam uji klinis mereka, tetapi pada Januari 2021 merevisi angka itu menjadi 50,4 persen setelah memasukkan lebih banyak data dalam perhitungan mereka.

Baca juga: Jokowi Disuntik Vaksin Pertama, Ini Cara Kerja Vaksin Sinovac Cegah Covid-19

 

Mana saja negara yang telah memulai vaksinasi menggunakan Sinovac?

1. Brasil

Brasil telah memberikan persetujuan darurat vaksin Covid-19 yang diproduksi Sinovac.

Melansir BBC, (18/1/2021), awal pekan ini para peneliti mengatakan vaksin asal China itu telah ditemukan 50,4 persen efektif, berdasarkan uji klinis yang dilakukan di Brasil.

Peluncuran program vaksinasi ditandai dengan suntikan pertama vaksin CoronaVac yang diberikan kepada seorang perawat berusia 54 tahun di Sao Paulo, Monica Calazans.

Baca juga: Brazil Setujui Penggunaan Darurat Vaksin Covid-19 Produksi Sinovac dan Oxford

2. Indonesia

Indonesia telah memulai program vaksinasi massal dengan CoronaVac pada 13 Januari 2021.

Tahap awal vaksinasi di Indonesia diberikan kepada para petugas kesehatan dan petugas publik esensial.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X