[HOAKS] Danramil Kebomas, Gresik, Meninggal Dunia Setelah Disuntik Vaksin

Kompas.com - 18/01/2021, 16:33 WIB
Informasi yang menyebar di grup Whatsapp menyebutkan Danramil Kebomas, Gresik, meninggal dunia setelah disuntik vaksin Covid-19. Informasi ini tidak benar. Grup WhatsappInformasi yang menyebar di grup Whatsapp menyebutkan Danramil Kebomas, Gresik, meninggal dunia setelah disuntik vaksin Covid-19. Informasi ini tidak benar.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Beredar sebuah tangkapan layar pesan WhatsApp yang menyebutkan Danramil Kebomas, Gresik, meninggal dunia setelah pada siang harinya menerima suntikan vaksin Covid-19.

Informasi ini dipastikan hoaks. Hal itu disampaikan pihak Komando Distrik Militer (Kodim) 0817 Gresik dan TNI Angkatan Darat.

Selain itu, ada kekeliruan penyebutan nama dalam pesan yang beredar. Danramil Kebomas Gresik adalah Mayor Kav Gatot Supriyono, bukan Sugeng Riyadi. Sugeng Riyadi adalah Kasdim Gresik, yang menjadi salah satu penerima vaksin Covid-19. Namun, yang bersangkutan dalam kondisi sehat hingga hari ini, Senin (18/1/2021).

Sementara, Mayor Kav Gatot yang meninggal dunia pada Jumat (15/1/2021), bukan meninggal dunia karena suntikan vaksin, melainkan karena serangan jantung.

Narasi yang beredar

Beredar sebuah tangkapan layar chat di aplikasi WhatsApp yang memuat informasi meninggalnya Komandan Rayon Militen (Danramil) Kodim Kebomas, Gresik, Jawa Timur, setelah menerima vaksin Covid-19.

Narasi dalam pesan tersebut adalah sebagai berikut:

"Inalillahi wainalillahi roziun. Vaksin pertama, Kasdim 0817 Gresik, Mayor Sungeng Riyadi.tadi malam Dan ramil kebu mas gresik meninggal akibat siangya disuntik vaksin...pagi ini proses pemakaman...hati2 bahaya vaksin ini nyata."

Bersama teks itu disertakan sebuah foto yang menunjukkan seorang anggota TNI dengan seragamnya, satu unit ambulans di bagian belakang, dan dua beberapa orang yang ada di sekitarnya

Tangkapan layar pesan di WhatsApp yang meyebut salah satu anggota TNI di Gresik meninggal setelah menerima vaksin Covid-19WhatsApp Tangkapan layar pesan di WhatsApp yang meyebut salah satu anggota TNI di Gresik meninggal setelah menerima vaksin Covid-19

Penelusuran Kompas.com

Berdasarkan keterangan resmi dari Kepala Penerangan Kodam V/Brawijaya Kolonel Arm Imam Haryadi, informasi yang beredar dan menyebut Danramil Kebomas Gresik, Mayor Kav Gatot Supriyono (dalam pesan disebut Sugeng Riyadi) meninggal dunia setelah menerima vaksin Covid-19 adalah hoaks.

Almarhum Mayor Kav Gatot Supriyono meninggal dunia pada Jumat (15/1/2021) pada pukul 23.06 WIB, karena serangan jantung, bukan vaksin Covid-19. Semasa hidupnya, Mayor Kav Gatot belum pernah menerima vaksin Covid-19.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X