[HOAKS] Setelah Divaksin Tidak Perlu Pakai Masker dan Cuci Tangan

Kompas.com - 18/01/2021, 15:10 WIB
Ilustrasi hoaks. KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMOIlustrasi hoaks.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Sebuah postingan yang menyebut setelah seseorang divaksin tidak perlu memakai masker, mencuci tangan, dan upaya pencegahan lain beredar di media sosial Facebook.

Unggahan itu juga menyebut apabila setelah disuntik vaksin namun masih melakukan upaya pencegahan virus, maka yang disuntik bukanlah vaksin.

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan tim cek fakta Kompas.com, postingan tersebut adalah tidak benar.

Narasi yang beredar

Sebuah informasi yang mengatakan bahwa mereka yang telah suntik vaksin tak perlu lagi menggunakan masker, cuci tangan dan sebagainya beredar di media sosial facebook.

Postingan tersebut salah satunya diunggah oleh akun Facebook Gaes Pardi.

"VAKSIN ITU ARTINYA ZAT YG SENGAJA DIBUAT UNTUK MEMBUAT KEKEBALAN TUBUH TERHADAP PENYAKIT TERTENTU.
JADI,VAKSIN COVID19 YG DISUNTIKKAN KE DALAM TUBUH ANDA TUJUANNYA AGAR TUBUH ANDA KEBAL TERHADAP VIRUS COVID19.

JIKA ANDA SUDAH DISUNTIK VAKSIN COVID19, MAKA ANDA TIDAK PERLU LAGI PAKEK MASKER,CUCI TANGAN DAN SEBAGAINYA KARENA ANDA SUDAH KEBAL TERHADAP VIRUS COVID19.

TAPI,JIKA ANDA SUDAH DI SUNTIK VAKSIN COVID19, TAPI MASIH SAJA DISURUH PAKEK MASKER,DISURUH CUCI TANGAN,DUDUK BERJAUHAN DAN SEBAGAINYA,BERARTI YG DISUNTIKKAN KE ANDA ITU BUKAN VAKSIN TAPI VAKCIN(VALUTA KEUANGAN CINA)...

NAH,..JOKOWI SUDAH DI SUNTIK VAKSIN COVID19 KOK MASIH PAKEK MASKER,
TAPI SUDAH KEBAL DARI VIRUS COVID19????" tulisnya.

Tangkapan layar facebook soal hoaks setelah divaksin tidak perlu melaksanakan lagi protokol kesehatanscreenshoot Tangkapan layar facebook soal hoaks setelah divaksin tidak perlu melaksanakan lagi protokol kesehatan

Konfirmasi Kompas.com

Dari penelesuran Kompas.com postingan yang mengatakan bahwa seseorang yang telah divaksin tidak perlu lagi melakukan upaya pencegahan virus seperti mencuci tangan dan memakai masker adalah tidak benar.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X