ELT Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang Jatuh Tak Menyala, Apa Itu ELT?

Kompas.com - 10/01/2021, 10:00 WIB
Google Maps menampilkan titik jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 sebagai SOS Alert. GoogleGoogle Maps menampilkan titik jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 sebagai SOS Alert.

KOMPAS.com - Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak masih menjadi perhatian masyarakat. 

Pesawat dengan nomor penerbangan SJ 182 dilaporkan jatuh di perairan antara Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu pada Sabtu (9/1/2021).

Sebelum dikonfirmaasi jatuh, pesawat yang mengangkut 62 orang itu hilang kontak pada pukul 14.40 WIB atau empat menit setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banteng.

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito mengatakan, pesawat Sriwijaya Air tidak memancarkan sinyal emergency location transmitter (ELT) ketika hilang kontak.

Baca juga: Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Jatuh, Ini Sejarah Maskapai yang Berdiri 10 November 2003

Lantas, apa itu ELT?

Fungsi ELT pada pesawat

Dilansir dari laman Aircraft Owners and Pilots Association, ELT adalah perangkat penentu lokasi pesawat yang merupakan bagian dari standar peralatan di pesawat.

Jika terjadi kecelakaan pesawat, perangkat ini dirancang untuk mengirimkan sinyal marabahaya pada frekuensi tertentu.

ELT harus dipasang di hampir semua pesawat sipil yang terdaftar di Amerika Serikat (AS), termasuk pesawat penerbangan umum sebagai hasil dari mandat kongres.

Mandat itu dihasilkan berawal dari peristiwa hilangnya Perwakilan AS Hale Boggs dan Nick Begich pada 1972 di Alaska setelah pesawat mereka jatuh dan tidak pernah ditemukan.

Ketika ELT diamanatkan pada 1973, sebagian besar pesawat GA dilengkapi dengan ELT yang mentransmisikan pada frekuensi 121,5 MHz, frekuensi marabahaya internasional yang ditentukan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X