[KLARIFIKASI] Dua Tenda di RS Moewardi Disebut untuk Tampung Pasien Covid-19

Kompas.com - 03/01/2021, 15:56 WIB
RSUD Dr Moewardi di Jalan Kolonel Sutarto, Kecamatan Jebres, Solo, Jawa Tengah, Selasa (8/9/2020). Rumah sakit milik Pemprov Jateng itu menjadi lokasi pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon kepala daerah di Pilkada Serentak 2020. KOMPAS.com/LABIB ZAMANIRSUD Dr Moewardi di Jalan Kolonel Sutarto, Kecamatan Jebres, Solo, Jawa Tengah, Selasa (8/9/2020). Rumah sakit milik Pemprov Jateng itu menjadi lokasi pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon kepala daerah di Pilkada Serentak 2020.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta

KOMPAS.com - Di media sosial Facebook dan Instagram beredar narasi dan foto yang menyebut tenda yang dibangun di depan RS Moewardi, Surakarta, Jawa Tengah, untuk menampung pasien Covid-19.

Informasi yang beredar menyebut tenda-tenda berwarna oranye dengan tulisan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) itu didirikan karena ruangan isolasi dan IGD untuk pasien Covid-19 di rumah sakit itu telah penuh.

Saat dikonfirmasi, pihak RS Moewardi memberikan klarifikasinya. Tenda dibangun bukan untuk pasien Covid-19. Ketersediaan ruang perawatan pasien Covid-19 masih mencukupi.

Tenda itu saat ini digunakan untuk lokasi melakukan tes usap atau swab test

Narasi yang beredar

Di Facebook, salah satu akun yang membagikan informasi ini adalah akun Fatah Anggoro Yudho yang mengunggah tangkapan layar Instagram Story akun @ppdsneurologiuns.

Ia membagikan ulang unggahan akun Facebook UNS Hit Posting.

Dalam unggahan berupa foto tersebut, terlihat ada satu tenda besar dari BNPB sudah berdiri, di sampingnya ada beberapa tenda dengan ukuran lebih kecil.

Unggahan yang membagikan informasi soal pembangunan tenda di depan RS Moewardi, Surakarta, Jawa Tengah.Facebook Unggahan yang membagikan informasi soal pembangunan tenda di depan RS Moewardi, Surakarta, Jawa Tengah.

Tidak jauh dari tenda berukuran besar, terlihat ada satu lagi kerangka tenda dengan ukuran yang sama yang nampaknya akan menyusul didirikan. 

Instagram Story tersebut berisi keterangan "SIAP! 5 bangsal tidak cukup, tambah 2 tenda lagi".

Akun Ig UNS Hit Posting menambahkan keterangan "Kondisi RS Moewardi terkini. Stay safe kabeh lurr".

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X