Sejarah Adobe Flash yang Berhenti Beroperasi Mulai 1 Januari 2021

Kompas.com - 03/01/2021, 20:00 WIB
Ilustrasi Adobe Flash Player. MakeuseofIlustrasi Adobe Flash Player.

KOMPAS.com - Facebook tidak hanya berfungsi sebagai platform media sosial tempat warganet mengunggah foto, video, atau sekadar membagikan apa yang mereka pikirkan melalui 'status'.

Facebook, yang pada kuartal 2 (Q2) 2020 melaporkan pengguna aktif bulanannya menembus 2,7 miliar, juga menyediakan fitur gim online yang dapat dinikmati oleh warganet secara cuma-cuma.

Namun, mulai 1 Januari 2021, sejumlah gim online yang dapat dimainkan di Facebook harus menutup layanan operasionalnya.

Baca juga: Farmville Ditutup Selamanya, Terimbas Ramalan Jitu Steve Jobs

FarmVille dan Ninja Saga

 

 

Antara lain gim simulasi bertani FarmVille dari pengembang Zynga, dan gim petualangan bertema ninja, Ninja Saga.

Penutupan kedua gim populer tersebut disebabkan berhentinya dukungan Adobe dan Facebook terhadap perangkat lunak Adobe Flash, yang menjadi basis berjalannya FarmVille dan Ninja Saga, dan game berbasis Flash lainnya.

Mengutip Kompas.com, Minggu (3/1/2021) Zynga selaku pengembang FarmVille menyatakan, mereka menutup gim FarmVille untuk selamanya.

"Oleh sebab itu, seluruh game berbasis Flash (termasuk FarmVille) tidak lagi dapat dimainkan setelah akhir tahun 2020," tulis pihak Zynga, dikutip dari blog Adobe, Minggu (3/1/2021).

Sedangkan untuk Ninja Saga, melalui keterangan resmi di laman Facebook mereka, pengembang Ninja Saga mengatakan bahwa gim itu ditutup sementara untuk persiapan migrasi ke perangkat lunak Unity.

IMPORTANT NEWS Dear Ninjas, First of all, we would like to give thanks to all of you for your love and continued...

Dikirim oleh Ninja Saga pada Kamis, 31 Desember 2020

Sejarah Adobe Flash 

Melansir Britannica, kemunculan Adobe Flash bermula dari pengembang perangkat lunak asal Amerika Serikat, Jonathan Gay, yang membuat program grafis untuk komputer Apple II menggunakan bahasa pemrograman Pascal.

Setelah percobaan itu, Gay bekerja sama dengan salah satu pengguna Macintosh (sistem operasi komputer Apple), Charlie Jackson, dan memulai perusahaan perangkat lunak berbasis Macintosh, yang diberi nama Silicon Beach Software.

Di Silicon Beach Software, Gay menggabungkan animasi dan suara digital untuk membuat gim Macintosh berjudul Airborne!

Baca juga: Ramalan Steve Jobs Tahun 1990 Hari Ini Terbukti

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X