Kasus Pertama Infeksi Varian Baru Virus Corona Tercatat di AS

Kompas.com - 30/12/2020, 11:26 WIB
Ilustrasi pasien Covid-19 dengan penyakit rematik, sebuah studi ungkap hanya mengalami sakit ringan. Bahkan, angka infeksi dan kematian rendah pada pasien tersebut. SHUTTERSTOCK/FunKey FactoryIlustrasi pasien Covid-19 dengan penyakit rematik, sebuah studi ungkap hanya mengalami sakit ringan. Bahkan, angka infeksi dan kematian rendah pada pasien tersebut.

KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya kasus Covid-19 yang berasal dari infeksi strain baru yang sebelumnya berkembang di Inggris, ditemukan di Amerika Serikat. Kasus pertama tersebut ditemukan di wilayah Colorado.

Dikutip dari AP, informasi ini secara langsung disampaikan Gubernur Colorado, Jared Polis, pada Selasa (29/12/2020) waktu setempat.

"Ada banyak hal yang tidak kami ketahui tentang varian Covid-19 baru ini, tetapi para ilmuwan di Inggris memperingatkan dunia bahwa itu jauh lebih menular. Kesehatan dan keselamatan warga Colorado adalah prioritas utama kami, dan kami akan memantau secara langsung kasus serta semua indikator Covid-19 dengan sangat cermat,” kata Polis.

Kasus infeksi varian baru virus corona ini ditemukan pada seorang laki-laki berusia 20 tahunan yang kini berada di tempat isolasi di Elbert County, Denver. Elbert County merupakan daerah pedesaan yang terletak di ujung wilayah metro Denver.

Pejabat kesehatan setempat mengatakan laki-laki itu tidak memiliki riwayat perjalanan yang bisa dicurigai sebagai awal terinfeksi virus varian baru.

Laboratorium di wilayah negra bagian Colorado mengonfirmasi ditemukannya infeksi dari varian baru virus corona tersebut. Mereka langsung memberi tahu Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

Baca juga: Makin Menyebar, Berikut 19 Negara yang Laporkan Kasus Varian Baru Virus Corona

Sementara itu, Direktur Kesehatan Masyarakat Elbert County, Dwayne Smith, mengungkapkan Colorado Politics melaporkan adanya dugaan kasus kedua dari varian baru virus corona ini di wilayah yang sama.

Kasus pertama dan kedua varian baru virus corona ini bekerja di Komunitas Simla Elbert County.

Tidak ada satu pun dari mereka yang merupakan penduduk negara itu. Sehingga, memperluas kemungkinan penyebaran varian baru virus corona ke seluruh negara bagian.

Otoritas kesehatan pun terus melakukan penyelidikan atas kasus-kasus lain yang dinilai potensial sebagai infeksi virus corona varian baru. Mereka melacak kontak untuk menentukan penyebaran virus di seluruh negara bagian.

Baca juga: 6 Negara di Asia yang Laporkan Kasus Varian Baru Virus Corona Inggris

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X