Dibanding Termin I, Kenapa Penerima BSU Termin II Masih Lebih Sedikit?

Kompas.com - 28/11/2020, 18:29 WIB
Ilustrasi uang/ upah minimum UMK UMP KOMPAS.com/NURWAHIDAHIlustrasi uang/ upah minimum UMK UMP

KOMPAS.com - Kementerian Ketenagakerjaan ( Kemnaker) mencatat bantuan subsidi upah (BSU) pada termin II telah disalurkan kepada 11.052.859 orang pekerja, yang dibagi ke dalam 5 tahap. 

Namun, apabila dibandingkan dengan penyaluran BSU termin I, jumlah tersebut masih lebih sedikit.

Kemnaker pada termin I menargetkan bantuan subsidi gaji tersebut tersalurkan kepada 12.403.896. Dari target tersebut, terdapat 151.123 pekerja yang belum menerima bantuan.

Terkait masih adanya perbedaan jumlah antara termin I dan II, Direktur Kelembagaan dan Kerja Sama Hubungan Industrial Kemnaker Aswansyah mengungkapkan pihaknya masih menunggu hasil retur dari rekening termin I yang bermasalah.

"Kita masih menunggu hasil retur dari rekening termin I yang bermasalah sekitar 151.000 sama hasil pemadanan data DJP (Direktorat Jenderal Pajak)," ujar Aswansyah saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (28/11/2020).

Baca juga: Hal yang Berbeda di Penyaluran Subsidi Gaji Termin II...

Selain itu, ia mengatakan masih ada 1.198.539 rekening dari pekerja yang dalam proses pemadanan data oleh DJP.

Akibatnya, 1,1 juta rekening tersebut belum mendapatkan penyaluran bantuan subsidi gaji pada termin II.

"Yang masih proses di DPJ kan sekitar 1 juta sekian lagi. Nanti biar sama (penyaluran) kayak termin I yang 12,4 juta penerima," ujar Aswansyah.

Terkait pemadanan data ini, pihaknya mengimbau masyarakat untuk bersabar karena proses penyaluran BSU termin II masih berproses.

"Kita masih nunggu hasil itu. Jadi, ada tahap berikutnya sih, kita tunggu laporan dan hasil koordinasi dengan BPJS Ketenagakerjaan dan DJP," lanjut dia.

Baca juga: INFOGRAFIK: Cara Mengajukan Aduan soal BLT Subsidi Gaji

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X