Mengenal Harrison Schmitt, Astronot yang Alergi pada Debu Bulan

Kompas.com - 28/11/2020, 16:30 WIB
Dalam foto yang diambil pada 17 Desember 1972 ini, Eugene Cernan (kiri) terlihat bersama Harrison Schmitt di dalam modul Apollo 17 yang tengah menjalani misi terakhir pendaratan di Bulan. Foto ini diambil astronot ketiga dalam misi itu, Ronald Evans. Ronald Evans/NASA/AFPDalam foto yang diambil pada 17 Desember 1972 ini, Eugene Cernan (kiri) terlihat bersama Harrison Schmitt di dalam modul Apollo 17 yang tengah menjalani misi terakhir pendaratan di Bulan. Foto ini diambil astronot ketiga dalam misi itu, Ronald Evans.

 

KOMPAS.com - Misteri alam semesta dan pemandangan luar angkasa yang mengundang decak kagung memberi motivasi banyak orang untuk menjadi astronot.

Tak jarang, cita-cita itu sering diucapkan oleh anak-anak.

Satu di antara nama astronot legendaris yang masih dikenang sampai saat ini adalah Harrison Hagan Schmitt, pria kelahiran New Mexico yang sukses mendarat di Bulan pada 1972.

Baca juga: NASA Tawarkan Rp 502,3 Juta untuk Desain Toilet di Bulan

Namun, tahukah Anda jika Schmitt memiliki alergi pada debu Bulan?

Melansri Science Times, 1 Juli 2019, Schmitt mengambil dalam misi terakhir Apollo NASA ke Bulan dan menjadi manusia terakhir yang berjalan di permukaannya.

Ia mendarat di Lembah Bulan Taurus-Littrow pada 11 Desember 1972 dengan 11 orang lainnya.

Menariknya, ia merupakan satu-satunya ilmuwan dari rombongannya dan telah melakukan serangkaian latihan untuk misi Apollo itu.

Baca juga: Mengenal Elon Musk, Pria di Balik SpaceX...

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X