Ingin Masuk Perguruan Tinggi Negeri? Simak 4 Tips Berikut Ini

Kompas.com - 28/11/2020, 15:29 WIB
Ilustrasi perkuliahan ThinkstockIlustrasi perkuliahan

KOMPAS.com - Semester gasal tahun ajar 2020/2021 hampir berakhir. Bagi siswa kelas XII SMA/sederajat sudah waktunya untuk memikirkan strategi masuk ke perguruan tinggi.

Bagi yang ingin melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri ( PTN), perlu memperhatikan beberapa aspek.

Hal itu tidak bisa dianggap remeh karena setiap tahunnya pendaftar dan peminat PTN makin banyak.

Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) yang juga Rektor Universitas Sebelas Maret, Prof Jamal Wiwoho, membagikan sejumlah tips bagi yang ingin melanjutkan pendidikan di PTN.

Tips tersebut ia ungkapkan dalam seminar daring Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) di channel YouTube resmi, Sabtu (28/11/2020).

Baca juga: 9 PTN Raih Penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2020

 

Berikut tips-tips tersebut:

1. Pahami prosedur seleksi

Untuk mendaftar ke PTN ada beberapa jalur. Ada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN), dan seleksi mandiri.

Biasanya jalur yang pertama dibuka adalah SNMPTN, lalu SBMPTN, dan terakhir Seleksi Mandiri.

Tahapannya berbeda-beda. Oleh karena itu, Jamal mengingatkan agar para peserta memahami prosedur seleksi, mulai dari pendaftaran sampai pelaksanaan ujian, dengan baik.

"Terkadang siswa gagal mengikuti seleksi karena adanya kekeliruan administrasi," ujarnya.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X