Kasus Virus Corona di India Tembus 9 Juta, Begini Kondisinya Saat Ini

Kompas.com - 20/11/2020, 20:31 WIB
India hanya melaporkan 10 persen dari jumlah kematian dunia akibat virus corona. REUTERS via BBC INDONESIAIndia hanya melaporkan 10 persen dari jumlah kematian dunia akibat virus corona.

KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan India melaporkan lebih dari 45.000 kasus infeksi baru terjadi di India pada Jumat, (20/11/2020).

Dengan penambahan kasus harian ini, total India telah melaporkan 9 juta kasus infeksi virus corona yang tercatat sejak adanya kasus pertama.

Dilansir dari Aljazeera, (20/11/2020), selain lebih dari 9 juta kasus yang dikonfirmasi, sekitar 584 kematian terdaftar dalam 24 jam terakhir, sehingga total kematian menjadi 132.162 orang.

Meski begitu, India saat ini mengalami penurunan kasus yang stabil dari puncaknya sejak bulan September, dengan laporan kasus harian kurang dari 50.000 per harinya selama 13 hari terakhir.

Namun, ibu kota New Delhi menyaksikan peningkatan besar kasus baru.

Kasus virus corona di India tembus 9 jutascreenshoot Kasus virus corona di India tembus 9 juta

Baca juga: Laporkan 30.548 Kasus Baru Covid-19, India Mulai Tunjukkan Tren Penurunan

Denda bagi yang tidak pakai masker

Namun melihat adanya gejala tren peningkatan kasus baru, pejabat di New Delhi melipatgandakan denda menjadi 2.000 rupee atau sekitar Rp 383.591 bagi masyarakat yang tidak memakai masker.

Sebab, pemerintah berada di bawah tekanan yang meningkat untuk memberlakukan penguncian (lockdown) lagi.

"Pada saat kata-kata saja tidak berhasil, kita harus sedikit lebih keras," ujar Menteri Utama New Delhi Arvind Kejriwal pada konferensi pers.

Khawatir terjadi lonjakan

Selain itu, India memberlakuan salah satu penguncian paling ketat di dunia pada bulan Maret 2020.

Tetapi, pembatasan tersebut memberikan pukulan telak bagi ekonomi dan pemerintah sejak kebijakan itu dilonggarkan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X