3 Tips Menghemat Kuota Internet di Ponsel

Kompas.com - 11/11/2020, 19:13 WIB
Ilustrasi Internet shutterstockIlustrasi Internet

KOMPAS.com - Ponsel pintar dan data internet hari ini sudah menjadi dua hal yang keberadaannya begitu dibutuhkan masyarakat untuk menunjang komunikasi dan kegiatan sehari-hari.

Ponsel pintar dan internet ini diakui atau tidak memang memudahkan begitu banyak kegiatan manusia, mulai dari bergaul di media sosial, menjalin komunikasi melalui aplikasi perpesanan, aktivitas mobile banking, jual-beli online, mengakses hiburan, semua hal bisa dilakukan dengan mudah jika ponsel pintar dan internet ada di genggaman.

Namun, terkadang kita merasa data atau kuota internet yang kita miliki begitu cepat habis, sehingga kita tidak lagi bisa berseluncur di dunia maya atau kegiatan lain yang membutuhkan koneksi internet.

Baca juga: INFOGRAFIK: Cara Mengecek IMEI di Ponsel Baru Maupun Bekas

 

Dosen Pendidikan Teknologi Informasi dari Universitas Sebelas Maret (UNS), Nurcahya Pradana Taufik Prakisya menyebut memang ada banyak hal yang memengaruhi penggunaan kuota internet di ponsel kita.

"Sebenarnya banyak faktor untuk masalah kuota. Tiap bit data yang berasal dari server dan tampil di layar pasti terhitung," kata Nurcahya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (11/11/2020).

Lalu, untuk menghemat penggunaan data ini, Nurcahya membagikan sejumlah tips yang bisa Anda coba.

1. Menonaktifkan unduh dan pembaruan otomatis.

Kita pasti memiliki banyak aplikasi yang ada di ponsel pintar kita, dan aplikasi-aplikasi itu bisa tiba-tiba memperbarui sistem operasinya.

Tidak hanya aplikasi, sistem ponsel itu sendiri juga kerap kali mengalami pembaruan.

Aktivitas pembaruan ini tentu memakan data internet, untuk itu hentikan pembaruan otomatis di bagian "Pengaturan".

Baca juga: 4 Fitur Baru WhatsApp, Sudahkah Anda Menggunakannya?

Hal yang sama juga terjadi pada unduh otomatis media gambar/video yang biasanya ada di aplikasi-aplikasi perpesanan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X