Mulai Disalurkan, Ini Beda Kuota Umum dan Belajar di Bantuan Paket Internet bagi Pelajar hingga Dosen

Kompas.com - 22/09/2020, 14:29 WIB
Ilustrasi internet, media sosial ShutterstockIlustrasi internet, media sosial
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Program bantuan pemerintah yang diberikan selama pandemi virus corona turut menyasar kalangan pelajar, mahasiswa, guru, dan dosen.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan bantuan kuota internet gratis selama masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

"Bantuan kuota data internet diberikan kepada siswa, mahasiswa, guru, serta dosen," jelas Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Ainun Na’im, seperti dikutip dari laman Kemendikbud, Senin (21/9/2020).

 

Penyaluran bantuan kuota internet ini rencananya disalurkan bertahap, mulai September hingga Desember 2020.

Adapun, untuk tahap pertama, penyaluran dimulai hari ini, Selasa (22/9/2020), hingga Kamis (24/9/2020). 

Masing-masing kategori akan mendapatkan besaran kuota yang berbeda, di mana terbagi menjadi kuota umum dan kuota belajar.

Baca juga: Hari Ini Bantuan Kuota Internet Kemendikbud Disalurkan

Pembagian kuota

Setiap bulannya, siswa akan mendapatkan kuota internet gratis sebesar 35 GB. Sementara guru, dosen, dan mahasiswa memperoleh kuota sebesar 50 GB.

Siswa PAUD juga akan mendapatkan bantuan kuota gratis, sebesar 20 GB setiap bulannya, yang terbagi menjadi 5 GB kuota umum dan 15 GB kuota belajar.

Bantuan internet 35 GB yang diberikan kepada para siswa dibagi menjadi 5 GB kuota umum dan 30 GB kuota belajar.

Sementara itu, pendidik jenjang PAUD dan SD dan menengah mendapatkan jatah kuota 42 GB per bulan, dibagi menjadi 5 GB kuota umum dan 37 kuota belajar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X