Profil Ruth Bader Ginsburg, Hakim Agung Ternama AS yang Juga Pejuang Hak Perempuan

Kompas.com - 20/09/2020, 15:26 WIB
Ruth Bader Ginsburg Shutterstock/Rob CrandallRuth Bader Ginsburg

KOMPAS.com - Hakim Agung Amerika Serikat yang juga seorang pejuang hak-hak perempuan Ruth Bader Ginsburg meninggal dunia pada usia 87 tahun, Jumat (19/9/2020).

"Bangsa Kita telah kehilangan ahli hukum yang memiliki reputasi bersejarah," kata Ketua Mahkamah Agung John Roberts dalam sebuah pernyataan.

"Kami di Mahkamah Agung telah kehilangan seorang kolega yang kami sayangi. Hari ini kami berduka, tetapi dengan keyakinan bahwa generasi mendatang akan mengingat Ruth Bader Ginsburg seperti yang kami kenal, yaitu seorang pejuang keadilan yang tak kenal lelah dan tegas," lanjutnya.

Ginsburg diketahui mengidap kanker dan telah menjalani kemoterapi sejak awal tahun ini.

Lantas, bagaimana perjalanan hidup Ruth Bader Ginsburg?

Kehidupan awal

Ginsburg dilahirkan pada 15 Maret 1933 dengan nama Joan Ruth Bader di Brooklyn, New York dari keluarga pekerja berpenghasilan rendah.

Ibunya, Celia Bader, memiliki pengaruh besar dalam hidupnya dengan mengajarkan nilai kemerdekaan dan pendidikan yang baik.

Ibu Ginsburg meninggal dunia karena kanker, sehari sebelum kelulusan Ginburg dari sekolah menengah, seperti dikutip dari Biography.

Ginsburg memperoleh gelar sarjana di bidang ilmu pemerintahan dari Cornell University pada 1954 dengan menempati peringkat pertama di kelasnya.

Ia kemudian melanjutkan pendidikannya ke Harvard Law School. Dari 500 mahasiswa di kelasnya, tercatat hanya ada sembilan perempuan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.