Tidak Lolos SBMPTN? Ini 4 Universitas yang Buka Jalur Mandiri

Kompas.com - 14/08/2020, 15:15 WIB
Peserta mengikuti ujian tulis berbasis komputer (UTBK) di SMA Negeri 3 Jakarta Selatan, Setiabudi, Selasa (7/7/2020). UNJ sebagai salah satu Pusat UTBK Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menyelenggarakan ujian dalam dua tahap yakni pada tanggal 5-12 Juli 2020 dan 20-27 Juli 2020 dengan jumlah total peserta sebanyak 42.463 orang dengan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPeserta mengikuti ujian tulis berbasis komputer (UTBK) di SMA Negeri 3 Jakarta Selatan, Setiabudi, Selasa (7/7/2020). UNJ sebagai salah satu Pusat UTBK Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menyelenggarakan ujian dalam dua tahap yakni pada tanggal 5-12 Juli 2020 dan 20-27 Juli 2020 dengan jumlah total peserta sebanyak 42.463 orang dengan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 telah diumumkan.

Peserta yang dinyatakan lolos, setelahnya dapat mengakses informasi terkait registrasi di universitas masing-masing.

Sementara bagi peserta yang tidak lolos SBMPTN, tak usah berkecil hati.

Baca juga: [POPULER TREN] 10 Negara yang Jatuh ke Jurang Resesi | Soal Pengumuman SBMPTN 2020

Ketua Pelaksana Lembaga Tes Masuk Peguruan Tinggi ( LTMPT) Budi Prasetyo menyampaikan, peserta yang tidak diterima lewat jalur SBMPTN, masih dapat menggunakan nilai UTBK untuk mendaftar kuliah jalur lain.

"Bagi yang belum diterima masih banyak kesempatan. Silakan memanfaatkan nilai UTBK untuk mendaftar, bagi PT (perguruan tinggi) yang mensyaratkan," kata Budi saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Dari penelusuran Kompas.com, sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) menyaring mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Mandiri (SM).

Masing-masing dari universitas ini mempunyai aturan masing-masing mengenai pelaksanaan seleksi mahasiswa baru jalur mandiri.

Baca juga: 10 PTN Terbaik di Indonesia 2020 Versi Webometrics

Berikut empat PTN yang mengalokasikan kursi bagi mahasiswa baru lewat seleksi mandiri.

1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS Surabaya)

Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.KOMPAS.com/GHINAN SALMAN Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

ITS Surabaya membagi dua jalur seleksi mandiri, yakni seleksi kemitraan dan mandiri.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X