10 Universitas Terbaik di Dunia 2020 Versi Webometrics

Kompas.com - 04/08/2020, 07:03 WIB
Tangkapan layar peringkat universitas terbaik di dunia versi Webometrics edisi Juli 2020 WebometricsTangkapan layar peringkat universitas terbaik di dunia versi Webometrics edisi Juli 2020

KOMPAS.com - Salah satu lembaga yang melakukan pemeringkatan universitas- universitas terbaik di dunia, Webometrics, baru-baru ini kembali mengeluarkan hasil pemeringkatan terbarunya, yaitu edisi Juli 2020.

Ada empat aspek yang menjadi dasar penilaian pemeringkatan ini, yaitu Presence, Visibility, Transparency, dan Excellence.

Dari 4 komponen tersebut, aspek Visibility atau jumlah jaringan eksternal yang terhubung ke laman web institutusi, merupakan aspek dengan bobot tertinggi, yakni 50 persen dari total bobot keempat aspek. 

Berdasarkan penilaian tersebut, berikut ini 10 perguruan tinggi negeri terbaik di dunia:

1. Harvard University

Bangunan bersejarah di Harvard UniversityShutterstock Bangunan bersejarah di Harvard University
Peringkat pertama universitas terbaik di dunia diduduki oleh Harvard University. 

Universitas ini didirikan pada tahun 1636 dan menjadi institusi pendidikan tinggi tertua di Amerika Serikat (AS).

Harvard berbasis di Cambridge dan Boston, Massachusetts dan memiliki lebih dari 20.000 calon lulusan, termasuk mahasiswa sarjana, pascasarjana, dan profesional.

Hingga kini, Harvard tercatat memiliki lebih dari 360.000 alumni di seluruh dunia.

Baca juga: UI dan ITB Masuk 1.000 Besar Perguruan Tinggi Terbaik Dunia Versi Webometrics

2. Stanford University

Ilustrasi Stanford UniversityShutterstock Ilustrasi Stanford University

Stanford University dibuka pada tahun 1891 dan berlokasi di Stanford, California.

Saat ini, Stanford terdiri atas 7 sekolah dan 18 institut interdisiplin, serta memiliki lebih dari 16.000 mahasiswa dan 2.100 fakultas.

Pada Global Entrepreneurship Summit tahun 2016 yang diadakan Stanford, Barack Obama memuji universitas ini sebagai "sebuah tempat yang merayakan kemampuan manusia untuk menemukan, mempelajari, membangun, mempertanyakan, membayangkan kembali, membuat cara baru untuk terhubung dan bekerja sama dengan orang lain".

3. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Ilustrasi Massachusetts Institute of Technology Shutterstock Ilustrasi Massachusetts Institute of Technology

Kampus dengan motto Mens et manus atau pikiran dan tangan ini menempati peringkat ketiga universitas terbaik di dunia versi Webometrics.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X