Berapa Dana untuk Membuat Obat Corona? Ini Nilai Investasi Perusahaan Sanofi

Kompas.com - 17/06/2020, 18:04 WIB
Ilustrasi vaksin corona ShutterstockIlustrasi vaksin corona

KOMPAS.com - Perusahaan farmasi di berbagai negara terus berlomba untuk menemukan obat dan vaksin corona.

Salah satunya adalah raksasa farmasi Sanofi, perusahaan farmasi dari Perancis. Lalu berapakah nilai  yang diinvestasikan?

Sanofi mengumumkan bahwa mereka akan berinvestasi 610 juta Euro atau sekitar Rp 9,7 triliun pada penelitian dan produksi vaksin Perancis.

Investasi dari Sanofi akan mencakup pengembangan lokasi produksi baru di utara kota dan pusat penelitian di barat.

"Sanofi menempatkan Perancis lebih dari sebelumnya di jantung strateginya, untuk menjadikannya pusat keunggulan global dalam penelitian dan produksi vaksin," kata kepala eksekutif Sanofi Paul Hudson, seperti ditulis Euro News, Selasa (16/6/2020).

Baca juga: Update Virus Corona di Dunia 17 Juni: 8,2 Juta Orang Terinfeksi | Inggris Lanjutkan Uji Coba Vaksin

Perancis investasi Rp 3,2 triliun

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengungkapkan dalam acara konferensi pers yang sama dengan Sanofi bahwa investasi dalam penelitian dan pengembangan itu menempatkan Sanofi serta Perancis dalam perang melawan virus.

Macron mengatakan Perancis juga berencana untuk menginvestasikan 200 juta Euro (Rp 3,2 triliun) dalam infrastruktur untuk produksi, penelitian dan pengembangan.

Mulai Kamis (18/6/2020), Perancis akan meluncurkan inisiatif untuk memindahkan produk-produk penting tertentu. Obat-obatan tertentu tidak lagi diproduksi di Perancis atau Eropa.

Sementara itu Hudson menjelaskan bahwa Sanofi akan fokus pada pembuatan bahan-bahan farmasi aktif di Eropa.

Dia juga menekankan bahwa entitas swasta dan publik perlu berkolaborasi dalam produksi vaksin.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X