Sedang Tren Gowes, Penjualan Sepeda Laris Manis Saat Pandemi Corona

Kompas.com - 17/06/2020, 15:57 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Bersepeda menjadi salah satu pilihan olahraga dan transportasi paling diminati sejak pandemi Covid-19 mewabah di seluruh dunia.

Penjualan sepeda di sejumlah toko di Indonesia juga meningkat, bahkan beberapa toko sampai kehabisan stok.

Seperti yang terlihat di akun Instagram @jelajahsolo yang mengunggah keramaian orang-orang di salah satu toko sepeda di Solo, Jawa Tengah.

Tren bersepeda pun tidak hanya terjadi di kota-kota besar saja, tetapi juga merata ke hampir semua daerah di Indonesia.

Menjelang diberlakukannya cara hidup new normal yang mengimbau orang agar menjaga jarak, banyak orang beralih ke transportasi seperti sepeda, yang memungkinkan mereka tidak terlalu berdekatan dengan orang lain.

Baca juga: Penjualan Sepeda Melonjak di Seluruh Dunia

Gara-gara pandemi

Menurut William Gozali, Brand Director Polygon, ada beberapa faktor yang menyebabkan kegiatan  gowes kembali digemari oleh orang-orang.

Pertama, karena orang-orang ingin tetap sehat di tengah pandemi sehingga bersepeda menjadi olahraga yang dinilai aman dan mudah dilakukan oleh semua umur dan kalangan.

Kedua, yakni untuk menghilangkan kejenuhan selama situasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau lockdown, bersepeda menjadi gaya hidup baru yang bisa menghilangkan stres sambil bergaya.

"Di banyak negara sepeda telah menjadi alat transportasi alternative yang terbaik terutama untuk jarak pendek kurang dari 10 kilometer. Selain menjadi alat transportasi juga bisa membuat orang lebih sehat," kata William saat dihubungi Kompas.com (17/6/2020).

Ia berharap bahwa tren bersepeda ke depannya bisa menjadi new normal di berbagai kalangan masyarakat. William juga menuturkan bahwa di kota-kota kecil di Indonesia, sepeda sebenarnya sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat.

Baca juga: Beli Sepeda Rp 64 Juta, Nikita Mirzani: Barang Aku Harus Supermahal

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X