Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini KA Serayu Pasar Senen-Purwokerto Kembali Beroperasi, Simak Jadwal dan Ketentuan Barunya!

Kompas.com - 12/06/2020, 07:00 WIB
Mela Arnani,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah perjalanan kereta api (KA) secara bertahap mulai dioperasikan per hari ini, 12 Juni 2020, termasuk KA Serayu yang mempunyai relasi Pasar Senen-Purwokerto.

KA Serayu yang merupakan KA Jarak Jauh Reguler ini mempunyai jadwal keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pukul 09.15 WIB.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional I Jakarta Eva Chairunnisa mengatakan, perjalanan kembali KA reguler ini mengacu pada Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 No 7 Tahun 2020 dan Surat Edaran Ditjenka Kemenhub No 14 Tahun 2020 Tanggal 8 Juni 2020.

Eva menegaskan, pengoperasian kembali KA Reguler ini akan tetap diikuti dengan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 yang diterapkan pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

"Masa Adaptasi Kebiasaan Baru di tengah pandemi Covid-19 akan diterapkan di berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk pada layanan jasa transportasi," kata Eva kepada Kompas.com, Jumat (12/6/2020) pagi.

Eva menambahkan, di wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta, saat ini telah mempersiapkan fase Masa Adaptasi Kebiasaan Baru yang mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan No HK.01.07/Menkes/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

"Melalui pedoman tersebut, PT KAI Daop 1 Jakarta telah menyiapkan sejumlah fasilitas pendukung dan penerapan prosedur tetap Masa Adaptasi Kebiasaan Baru baik untuk di Stasiun dan KA Jarak Jauh serta Lokal saat kembali beroperasi," ujar dia.

Baca juga: Daftar 23 KA Lokal yang Mulai Beroperasi Besok, dari Prameks hingga KA Bandung Raya

Fasilitas cuci tangan dan antiseptik

Eva menjelaskan, sebagai upaya pencegahan infeksi Covid-19, dari sisi fasilitas stasiun, sejauh ini telah ditambah perangkat pencuci tangan dan mengadakan ketersediaan cairan antiseptik di stasiun keberangkatan KA jarak jauh di wilayah Jakarta.

Sementara itu, seluruh area pelayanan dan ruang tunggu telah dilengkapi sejumlah petunjuk untuk penjagaan jarak fisik antar penumpang.

Sedangkan di atas rangkaian kereta, terdapat cairan antiseptik di berbagai titik dan ruang isolasi sementara.

"Untuk memastikan kebersihan di stasiun dan di atas KA selama perjalanan, petugas rutin membersihkan objek-objek yang sering terpegang tangan setiap 30 menit sekali secara bergantian menggunakan pembersih yang mengandung disinfektan," tutur Eva.

Baca juga: Besok Beroperasi, Berikut Syarat dan Panduan Naik Kereta Api

Jadwal dan ketentuan baru

KA Serayu dijadwalkan berangkat pukul 09.15 WIB dari Stasiun Pasar Senen dan dijadwalkan tiba di Stasiun Purwokerto pukul 20.34 WIB.

Pada penerapan masa adaptasi kebiasaan baru, dari sisi aturan terdapat sejumlah ketentuan baru yang harus diikuti pengguna jasa selain kewajiban penggunaan masker.

Bagi penumpang KA Jarak Jauh, pengguna akan diwajibkan menggunakan faceshield dan pengecekan suhu tubuh.

Eva memaparkan, faceshield akan diberikan secara gratis untuk calon pengguna setelah proses pengecekan tiket.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com