Ingin Bawa Sepeda dalam Kereta? Simak Aturannya di Sini

Kompas.com - 08/06/2020, 06:13 WIB
Ilustrasi sepeda impor ShutterstockIlustrasi sepeda impor

KOMPAS.com - Membawa barang termasuk sepeda ke dalam kereta harus mematuhi aturan yang ada.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menerapkan kebijakan bahwa hanya sepeda lipat dengan ketentuan berat maksimal 20 kg dan ukuran roda maksimal 22 inci yang diperbolehkan dibawa ke atas kereta.

Manager Humas Daerah Operasional 3 Cirebon Luqman Arif mengatakan, sepeda lipat yang dibawa harus disimpan dalam kereta penumpang.

"Penumpang tidak diperkenankan menyimpannya di dalam kereta makan atau di sambungan kereta," kata Luqman kepada Kompas.com, 7 Juni 2020.

Baca juga: Jelang New Normal, Berikut 5 Tips Aman Bepergian Menggunakan Kereta Api

Terkait dengan teknis penyimpanan, sepeda harus dalam keadaan terlipat dan dimasukkan ke dalam bagasi atau ruang kosong sekitar kursi masing-masing penumpang.

Ia menegaskan, penyimpanan dapat diatur sehingga tidak berpotensi menimbulkan kerusakan pada kereta dan tak menganggu kenyamanan penumpang lain.

Melansir situs resmi KAI, aturan yang sama juga berlaku untuk KRL Commuterline, KA Bandara, dan LRT Sumatera Selatan.

Khusus bagi moda transportasi commuterline, sepeda yang dilipat harus masuk dalam dimensi maksimal 100 x 40 x 30 cm.

Baca juga: Tak Kebagian Kursi di Kereta Api, Pria Ini Langsung Beli Mobil untuk Mudik

Lalu, bagaimana dengan sepeda jenis lain?

Jika ingin membawa sepeda jenis lain menggunakan kereta api, penumpang dapat menggunakan layanan angkutan barang KA, salah satunya PT KA Logistik.

KA Logistik menyediakan layanan pengiriman sepeda dengan berbagai tujuan sepanjang Jawa dan Bali.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X