Mengenal Elon Musk, Pria di Balik SpaceX...

Kompas.com - 31/05/2020, 17:31 WIB
CEO Tesla, Elon Musk HypebeastCEO Tesla, Elon Musk

KOMPAS.com - Nama Elon Musk kembali mengemuka setelah Roket Falcon 9 milik perusahaannya, SpaceX berhasil mengangkasa dengan membawa dua astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Sabtu (31/5/2020).

Peluncuran itu menjadi peluncuran pertama astronot ke orbit oleh pihak swasta dan pesawat luar angkasa berawak pertama NASA dari AS dalam 9 tahun terakhir.

Baca juga: SpaceX Tawarkan Perjalanan ke Luar Angkasa 2021 Mendatang, Tertarik?

Lantas siapakah Elon Musk, pria di balik SpaceX yang sukses mencatatkan sejarah itu?

Masa muda

Dilansir dari Biography, Musk merupakan wirausahawan dan pengusaha Amerika kelahiran 28 Juni 1971 di Afrika Selatan.

Di usia 10 tahun, Musk mulai mengembangkan minatnya pada komputer dengan mempelajari pemograman. Dua tahun kemudian, ia menjual perangkat lunak pertamanya, yaitu sebuah game bernama Blastar.

Pada 1989, saat menginjak usia 17 tahun, Musk pindah ke Kanada dan mengenyam pendidikan di Queen's University. Kepindahannya itu dilakukan untuk menghindari layanan wajib militer di Afrika Selatan.

Pada 1992, Musk meninggalkan Kanada untuk belajar bisnis dan fisika di University of Pennsylvania.

Setelah meninggalkan Penn, Musk menuju ke Universitas Stanford di California untuk mengejar gelar PhD dalam fisika energi.

Namun, ia hanya bertahan selama dua hari karena memutuskan untuk keluar setelah internet mulai ramai di masa itu.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Yuri Gagarin Jadi Manusia Pertama di Luar Angkasa

Awal karier

Roket Falcon Heavy milik SpaceX diluncurkan dari Pad 39A di Kennedy Space Center di Florida, AS, Selasa (6/2/2018) waktu setempat. Roket yang diklaim paling kuat di dunia itu meluncur sambil membawa mobil sport Tesla milik Elon Musk dalam misi uji coba melintasi luar angkasa.AFP PHOTO/JIM WATSON Roket Falcon Heavy milik SpaceX diluncurkan dari Pad 39A di Kennedy Space Center di Florida, AS, Selasa (6/2/2018) waktu setempat. Roket yang diklaim paling kuat di dunia itu meluncur sambil membawa mobil sport Tesla milik Elon Musk dalam misi uji coba melintasi luar angkasa.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X